Analisis Biaya dan Waktu Pembangunan Graving Dock di Tanjung Intan, Cilacap

Aprillia, Nur (2017) Analisis Biaya dan Waktu Pembangunan Graving Dock di Tanjung Intan, Cilacap. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4313100108-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
4313100108-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pembangunan galangan kapal adalah salah satu cara untuk mengurangi penumpukan kapal yang ada di daerah Cilacap. Dalam pembangunan galangan kapal memiliki banyak resiko, salah satu resiko yang dapat terjadi pada saat pembangunan galangan yaitu pada segi waktu dan biaya .Penjadwalan proyek adalah suatu rencana urutan kerja dan pengalokasian baik waktu maupun biaya. Analisa yang paling sering digunakan adalah dengan metode Critical Path Method (CPM) dan Program Evaluation Review Technique (PERT). Pada tugas akhir ini dilakukan penjadwalan dan perhitungan biaya dengan metode CriticalPath Method (CPM)dan Program Evaluation Review Technique (PERT) dengan studi kasus pembangunan galangan kapal di PT. Pelindo Marine Service Penjadwalan proyek membantu menujukkan hubungan keterkaitan setiap kegiatan dengan kegiatan lainnya. Pengerjaan pertama yang dilakukan yaitu membuat gantt chart yang kemudian di-breakdown lebih detail dan lengkap dengan hubungan antar aktivitasnya ke dalam bentuk CPM, dan kemudian akan dilanjutkan dengan menghitung probabilitas menggunakan metode PERT. Berdasarkan hasil analisa, bahwa durasi CPM mendapat waktu 204 hari dengan probabilias 79,81 %. Dan untuk biaya yang diperlukan dalam pembangunan Graving Dock di Tanjung Intan sebesar Rp. 6.486.122.769
======================================================================================================
The construction of shipyard is one of to reduce the cumulation of vessels in the area Cilacap. In the construction of shipyard has many risks, one of the risks that can occur during the construction of the shipyard is in terms of cost and time. Project scheduling is a plan of work sequence and allocation of both time and cost. The most commonly used analysis is Critical Path Method (CPM) dan Program Evaluation Review Technique (PERT) method. In this final project scheduling and cost calculation is CriticalPath Method (CPM)dan Program Evaluation Review Technique (PERT) method with case study of shipbuilding development at PT. Pelindo Marine Service. Project scheduling help indicate the relation of each activity to another. The first done is making a gantt chart which then in breakdown more detail and complete with the relation between its activities into the form of CPM, and then proceed with calculating the probability of using the PERT method. Based on the result of analysis, that the duration of CPM get 204 days with probability 79,81 %. And for the necessary cost in it Graving Dock development in Tanjung Intan amount Rp. 6.486.122.769

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSKe 627.31 Apr a-1 3100018074163
Uncontrolled Keywords: Galangan Kapal, Manajemen Proyek, Critical Path
Subjects: V Naval Science > V Naval Science (General) > V220 Naval ports, bases, reservations, docks, etc.
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Ocean Engineering > 38201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Aprillia Nur
Date Deposited: 19 Feb 2018 03:30
Last Modified: 20 Apr 2020 19:27
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/49210

Actions (login required)

View Item View Item