Studi Eksperimen Pengaruh Variasi Rasio Kompresi (Compression Ratio) Terhadap Unjuk Kerja Dan Emisi Mesin Diesel 4-Langkah Silinder Berbahan Bakar Campuran Dexlite Dan Etanol

Fadhlullah, Arif (2018) Studi Eksperimen Pengaruh Variasi Rasio Kompresi (Compression Ratio) Terhadap Unjuk Kerja Dan Emisi Mesin Diesel 4-Langkah Silinder Berbahan Bakar Campuran Dexlite Dan Etanol. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
02111340000112-Undergraduate_Thesis.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Indonesia bergantung kepada penggunaan bahan bakar fosil (konvensional), khususnya pada bidang industri, transportasi, dan sistem pembangkit. Bahan bakar fosil bukan sumber energi berkelanjutan (sustainable energy), sehingga ketersediaannya terbatas. Untuk mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil serta mengurangi dampak buruk pada lingkungan perlu dilakukan penelitian terhadap sumber energi, terutama yang terbarukan dan ramah lingkungan. Bioethanol adalah salah satu bentuk energi terbaharukan yang dapat diproduksi dari tumbuhan. Sehingga penggunaan bahan bakar fosil dapat tergeser dengan adanya bahan bakar etanol ini. Tetapi pada dasarnya, bahan bakar tumbuhan atau minyak nabati memiliki kelemahan yang mempengaruhi performa suatu mesin motor bakar, sepeti Cetane Number, Caloric Value, dll. Dibutuhkan rekayasa terkait bahan bakar dan engine tersebut. Terdapat beberapa teknologi bahan bakar yang sudah diaplikasikan, salah satunya adalah etanol sebagai campuran bahan solar. Penelitian ini akan diketahui bagaimana pengaruh perubahan Rasio Kompresi (Compression Ratio) sebagai rekayasa teknologi dan bahan bakar campuran Dexlite, Etanol, dan Emulgator Tween 80 terhadap unjuk kerja mesin dan emisi bahan bakar yang dihasilkan Penelitian dimulai dengan mencampurkan bahan bakar Dexlite dengan variasi prosentase Etanol 0%, 10%, 20%, 30%, 40%, 50%. Lalu ditambahkan emulgator sehingga campuran tersebut tidak mengalami separasi. Prosentase emulgator dalam setiap campuran Dexlite dan Etanol didapakan dengan penelitian. Dimana setiap campuran tersebut dicoba dengan 3 variasi prosentase emulgator yaitu 10%, 5% dan 2,5%. Selanjutnya campuran bahan bakar yaitu hasil pencampuran dengan emulgator yang memiliki tingkat separasi yang paling kecil akan digunakan sebagai bahan uji coba. Lalu dilakukan pengujian pada campuran bahan bakar Dexlite dengan variasi prosentase Etanol 0%, 10%, 20%, 30%, 40% dan 50%. Selanjutnya, disimpulkan campuran bahan bakar terbaik (tingkat emisi paling minimal), yang akan digunakan pada bahan bakar uji dengan variasi timing injeksi. Kemudian dilakukan uji unjuk kerja dan emisi engine dengan variasi Rasio Kompresi (Compression Ratio) yaitu CR 1:17,9, CR 1:17 dan CR 1:16. Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa, Emulgator 10% digunakan pada semua campuran bahan bakar, karena waktu separasi yang lama. Dengan parameter emisi gas buang, ditentukan bahan bakar D80E20 dan D70E30 adalah yang terbaik. Lalu dengan menyeting Rasio Kompresi (Compression Ratio) pada kondisi rasio kompresi untuk bahan bakar D80E20, efiensi thermal, AFR dan perbaikan Smoke opacity meningkat masing-masing 25,6%, 8% dan 44% dari kondisi standart. Tetapi terjadi penurunan daya, torsi dan BMEP. untuk bahan bakar D70E30, efiensi thermal, AFR, perbaikan Smoke opacity, perbaikan UHC meningkat masing-masing 24,2%, 15,9%, 4,7% dan 66,7% dari kondisi standart. Tetapi terjadi penurunan kadar CO. ======== Indonesia still relies on fossil fuel to generate its Industry, Transportation and even the power plant itself. Fossil fuel was not a such sustainable energy because of its reserve. A research for alternative and sustainable energy is required to reduce dependence and influence to the environment. Bioethanol was one of an alternative energy could be produce from crop. So, The use of fossil fuel could be replaced by this ethanol fuel. Those Crop-base fuel appear some weakness that cause the engine performance to decrease such as, Cetane Number, Caloric Value, and etc. An Engineering research for those fuel required, there few people have already done a research like blending the ethanol with diesel fuel. On this research we focused on the effect of compression ratio variation and the fuel blend using Dexlite, Ethanol and Tween 80 as an emulgator to the performance and emission. Research begins by mixing Dexlite fuels with percentage variations of 0% Ethanol, 10%, 20%, 30%, 40%, 50%. Then the emulgator is added so that the mixture does not suffer separation. The percentage of emulgator in each mixture of Dexlite and Ethanol was applied to the study. Where each mixture is tried with 3 variations of percentage emulgator that is 10%, 5% and 2.5%. Furthermore, the fuel mixture which is mixing with the emulgator having the smallest separation rate will be used as the test material. Then tested on Dexlite fuel mixture with percentage variation of 0%, 10%, 20%, 30%, 40% and 50% Ethanol. Further, it is concluded that the best fuel mixture (minimum emission level), which will be used in the test fuel with the variation of the injection timings. Then tested the performance and emissions of engines with variation Compression Ratio (CR): CR 1: 17,9, CR 1:17 and CR 1:16. The results of this study found that, 10% Emulgator is used on all fuel mixtures, due to long separation time. With exhaust emission parameters, the D80E20 and D70E30 fuel are the best. Then by setting the Compression Ratio on the compression ratio condition for fuel D80E20, thermal efficiency, AFR and Smoke opacity improvement increased respectively 25.6%, 8% and 44% of the standard conditions. But there is a decrease in power, torque and BMEP. for D70E30 fuel, thermal efficiency, AFR, Smoke opacity improvement, UHC improvement increased respectively 24.2%, 15.9%, 4.7% and 66.7% of standard conditions. But there is a decrease in CO levels.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Diesel; Ethanol; Dexlite; Emulgator; Compression Ratio; Performance; Emission
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ799 Diesel motor--Electronic control.
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: Arif Fadhlullah
Date Deposited: 06 Feb 2018 03:37
Last Modified: 06 Feb 2018 03:37
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/49256

Actions (login required)

View Item View Item