Penggunaan Metode Earned Value Untuk Pengendalian Biaya Dan Waktu Proyek (Project Control) Pada Pembangunan Batching Plant PT. Adhimix Precast Indonesia Di Madura, Jawa Timur

Irawan, Andrie (2004) Penggunaan Metode Earned Value Untuk Pengendalian Biaya Dan Waktu Proyek (Project Control) Pada Pembangunan Batching Plant PT. Adhimix Precast Indonesia Di Madura, Jawa Timur. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
3198100053-Undergraduate-Thesis.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview

Abstract

Keberhasilan suaru proyek dapat dilihat dari keberhasilan pihak - pihak yang terkait dengan proyek tersebut untuk menyelesaikannya tepat pada waktw1ya sesuai dengan dengan standar mutu dan biaya yang dianggarkan. Untuk mewujudkan hal tersebut dibutuhkan sebuah menajemen yang baik dan mampu rnengendalikan setiap aktivitas kerja sesuai dengan rencana proyek. Manajemen tersebut benanggung jawab untuk merencanakan. mengorganisir. mernimpin. dan rnengendalikan sernua surnber daya proyek sehingga berjalan lancar. Salah satu altematif yang dapat diterapkan dalam upaya pengendalian kinerja proyek untuk meocapai keberhasilan proyek iru sendiri adalah dengan mcnggunakan metode Earned Value Dalam rugas akhir ini. penerapan metode Earned Value dilakukan pada proyek pembangunan Batching Plant PT. Adhimix Precast Indonesia di Madura . Jawa Tirnur, dengan total biaya sebesar Rp. 191.624.100.00 yang rencananya akan diselesaikan dalam jangka waktu 95 hari. Pada analisa Earned Value ini dapat mengendalikan suaru proyek dengan meninjau unsur biaya. waktu. dan presrasi pelaksanaan proyek. Sehingga diketahui besar kererlambaran atau kemaJuan proyek pada saar peninjauan dan berapa besar proyeksi keterlambatan arau kemajuan proyek baik dan segi biaya maupun waktu, bila sampai proyek selesai dengan kinerja masih sepeni pada saat peninjauan. Penerapan £amed Value pada pelaksanaan proyek dalarn pembahasan Tugas Akhir ini membenkan mfonnasi sebagai berikut : berdasarkan kineJja s/d minggu ke-3, diperlcirakan proyek tersebut akan selesai dalam waJ..w 122 bari dengan biaya sebesar Rp. 19-1.963.639.50: berdasarkan kinerja s/d Minggu ke-7. diper1cirakan proyek tersebur akan selesai dalarn waktu 140 bari dengan biaya sebesar Rp. 201.759.667.62: Berdasarkan kinerja s/d Minggu ke-1 0. diperkirakan proyek tersebut akan selesai dalam waktu 124 hari. Dengan b1aya sebesar Rp 222.032.137.10 Hal ini sangat bennanfaat ba1,>i kontraktor sebagai suaru peringatan untuk mengambil tindakan sedini mungkin terhadap kecenderungan menurunnya indeks perdonnansi proyek.Kecenderungan kinerja proyek yang semakin lambat ini disebabkan oleh beberapa factor penghambar pekeljaan yang rerjadi slama proyek berlangsung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSS 658.404 Ira p
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T56.8 Project Management
T Technology > TH Building construction > TH437 Building--Cost control.
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 11 Jan 2018 07:21
Last Modified: 11 Jan 2018 07:21
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/49292

Actions (login required)

View Item View Item