Studi Sifat Mekanik dan Ketahanan Termal Komposit Poliester Tak Jenuh/Vinil Ester/ Serbuk Karet Ban Bekas sebagai Alternatif Green Aggregate untuk Chip Seal Pavement

Oktorio, Dwiki Hafizhul (2018) Studi Sifat Mekanik dan Ketahanan Termal Komposit Poliester Tak Jenuh/Vinil Ester/ Serbuk Karet Ban Bekas sebagai Alternatif Green Aggregate untuk Chip Seal Pavement. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 02511340000078-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
02511340000078-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Semakin meningkatnya jumlah ban bekas menjadi permasalahan tersendiri. Permasalahan utama dari ban bekas adalah polusi udara yang ditimbulkan apabila dibakar, dan lamanya waktu penguraian ban bekas di alam. Mengingat jumlahnya yang besar dan memiliki potensi untuk didaur ulang menjadi alasan utama dilakukannya penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk memanfaatkan kembali karet dari ban bekas menjadi agregat chip seal sebagai material pengisi aspal jalan yang ramah lingkungan. Bahan-bahan yang digunakan antara lain unsaturated poliester, vinil ester, dan serbuk karet ban bekas. Unsaturated poliester dipilih karena mampu memberikan kekuatan mekanik yang baik dan harga yang terjangkau. Vinil ester digunakan karena memiliki sifat ketahanan air yang baik dan mampu berikatan dengan unsaturated poliester. Serbuk karet digunakan untuk meningkatkan kekuatan lentur. Modifikasi dilakukan dengan menjadikan serbuk karet sebagai material pengisi komposit kemudian dicampurkan ke dalam matriks gabungan poliester dan vinil ester. Secara umum variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah variabel komposisi UPE/VE/CR 60/40/0, 60/35,5/5, 60/30/10, 60/25/15, 60/20/20, 60/15,5/25 60/10/30. Pengujian yang dilakukan dalam penelitian ini meliputi pengujian tarik, kekerasan, FTIR, TGA, water absorption, uji distribusi partikel, uji densitas.. Dalam pengujian tarik ditunjukkan bahwa dengan adanya penambahan material pengisi serbuk karet akan menurunkan kekuatan tarik maksimum komposit dengan nilai kekuatan tarik maksimum didapat pada komposisi serbuk karet 0% sebesar 24,971 MPa. Hal yang sama juga terjadi pada pengujian kekerasan dan densitas dimana penambahan material pengisi serbuk karet akan menurunkan sifat kekerasan dan densitas komposit dengan nilai kekerasan dan densitas tertinggi didapat pada komposisi serbuk karet 0% sebesar 62,833 Shore D dan 1,064 gr/cm3. Akan tetapi, pada pengujian water absorption diketahui dengan adanya penambahan material pengisi serbuk karet akan menaikkan sifat absorbability dari komposit dan telah memenuhi persyaratan bata beton kualitas A. Selain itu, dari pengujian stabilitas thermal menggunakan instrumen TGA, didapatkan nilai T5 tertinggi pada penambahan serbuk karet 15% dengan temperatur 380oC.

=======================================================================================================
The increasing number of scrap tires becomes a problematic issue. The main problems of scrap tires are the air pollution produced when its burned, and a very long decomposition time of scrap tires in nature. Considering the abundant stockpile and its potential for recycling enough to urge this research. This study aims to reuse rubber from scrap tires become chip seal aggregate as an environmentally friendly asphalt filler material. The materials used include unsaturated polyester, vinyl ester, and crumb rubber. Unsaturated polyester is chosen because its ability to provide decent mechanical strength and reasonable price. Vinyl ester is used because it has good water resistance properties and is able to bind with unsaturated polyester. Crumb rubber is used to improve flexural strength. The modification is carried out by making crumb rubber as a composite filler material then mixed into a combined matrix of polyester and vinyl ester. In general, the variables used in this study are the composition variables UPE / VE / CR 60/40/0, 60 / 35,5 / 5, 60/30/10, 60/25/15, 60/20/20, 60 / 15.5 / 25 60/10/30. Tests carried out in this study include tensile testing, hardness, FTIR, TGA, water absorption, particle distribution test, density test, and SEM. In tensile testing it is shown that the addition of crumb rubber will decrease the maximum composite tensile strength with maximum tensile strength value obtained on the crumb rubber 0% composition at 24.971 MPa. The same phenomenon also happened on hardness and density testing where the addition of crumb rubber will decrease the hardness and composite density with the highest hardness and density values obtained on the Crumb Rubber 0% composition at 62.833 Shore D at 1.064 gr / cm3. However, In water absorption test, it is known by the addition of crumb rubber will increase the water absorbability and has met the requirements for grade A quality paving block. Furthermore, in thermal stability test, it is obtained the highest T5 value at filler addition 15% with temperature 380oC.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSMt 620.118 Okt s-1 3100018074246
Uncontrolled Keywords: Komposit, Unsaturated Poliester, Vinilester, Serbuk karet, Chip seal, Limbah ban bekas.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA418.9 Composite materials. Laminated materials.
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Material & Metallurgical Engineering > 28201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Dwiki Hafizhul Oktorio
Date Deposited: 21 Feb 2018 02:41
Last Modified: 30 Apr 2020 12:41
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/49338

Actions (login required)

View Item View Item