Dwilaksono, Widigdo (2001) Studi Perancangan Sistem Pengendalian Kecepatan Putaran Motor Diesel Kapal Dengan Menggunakan Kontroler Logika Fuzzy. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
4296100029-Undergraduate-Thesis.pdf - Published Version Download (6MB) | Preview |
Abstract
Konsep lrimptmtm }it:.:.) lll<'rttpakcm konsep yon~ pt'rll/ma kali
dtpakenafktm oft'lr Loqi .-\. ZtttMt pat/a wlum /965. Kon:.ep ini tefalt berkembam~
demikicm pesamyu menjatli suatu teori '"ang cukup fengkap temlliiiW
penggunammya dalam de:.wn sistem pengenclalicm.
Penerapcm fogika fu:.:.y dalam sistem komrof ini mefipu11 proses
kuamisasi. jit::ijikasi. ill/ttrencdreasoning, dan defu::ijikasi. Masukan berupa
sinyaf error dan cle/w error diterjemahkan menjadi ringkar kuamisasi. kemudwn
dicari derajat kecmggoraannya pada fimgsijimg:.i ltimpunan jit:.:.y yang telaft
dideftnisikan sebt!lumnya. Berdasarkan ntle-ncle juga teiah diclejinisiktm, maka
didapatkw1 kepwustm-kepllrttsan. Dengan menggwwkan metode defit:.:_ijikasi
Cemer of Area. keplltiiSIIII·kepwusan tersebttt menglrasilkan saw lwrga tingkat
kuamisasi unruk sinyal keluaran. Harga rersebm dite1jemalrkan menjadi besaran
sinyal kontrol yang semai, sebagai keluaran dari konrroler.
U11111k sistem pengenda/ian kecepawn putaran motor diesel ini sistem
yang dirancang adalah M!SO (Multi Jnpllt Single Output) dengan dua masuktm
yaitu error(e) dart delta error (t.le) serta salll keluaran yaitu sinyal atur (u).
Strcaegi }itz:::yjikasi di/akukan dengan 7 (tujult) variabel linguistik: NB, NS. NK
NL. PK. PS. PB: ../9 awran dasar. sistem inferensi fu~~y ya11.g dipakai adalalt
metode Min-t'vlamdwti serw memakai dejit:<.)}ikasi Cemer Of Area.
Kecepatcm putaran motor diesel yang tetidenri.fikasi oleh sensor
(tadwgenerator) dibandingkan dengan keceparan putar set point o/eh detekwr
kesalahmt. Sinyal dari detektor kesalahan diolah oleh komrofer (logika fu:.:.y)
tmlllk menghasilkan sinyal yang dapat menggerakkan fuel rack setelah melalui
aktuator (elektro servolridrolis). Jumlah a/iran bahan bakar yang masuk kedalam
silinder motor ditemukan oleh gerak fitel rack yang merttpakan unsur peming
clafcmtmtmemukan keceparmr putaran motor tersebm
Beberapa keterbatasan dalam sistem ini amara lain dalam menelllukan
swbilitas dan sensiti>itas dari sistem yang disebabkan oleh pendekatan matematis
terhadCip sistem tersebut masih sufit unwk dilakukan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | RSSP 629.89 Dwi s |
Subjects: | T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL521.3 Automatic Control |
Divisions: | Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Users 13 not found. |
Date Deposited: | 15 Jan 2018 06:44 |
Last Modified: | 15 Jan 2018 06:44 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/49362 |
Actions (login required)
View Item |