Studi Perancangan Sistem Pengendalian Kecepatan Putaran Motor Diesel Kapal Dengan Menggunakan Kontroler Logika Fuzzy

Dwilaksono, Widigdo (2001) Studi Perancangan Sistem Pengendalian Kecepatan Putaran Motor Diesel Kapal Dengan Menggunakan Kontroler Logika Fuzzy. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
4296100029-Undergraduate-Thesis.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview

Abstract

Konsep lrimptmtm }it:.:.) lll<'rttpakcm konsep yon~ pt'rll/ma kali dtpakenafktm oft'lr Loqi .-\. ZtttMt pat/a wlum /965. Kon:.ep ini tefalt berkembam~ demikicm pesamyu menjatli suatu teori '"ang cukup fengkap temlliiiW penggunammya dalam de:.wn sistem pengenclalicm. Penerapcm fogika fu:.:.y dalam sistem komrof ini mefipu11 proses kuamisasi. jit::ijikasi. ill/ttrencdreasoning, dan defu::ijikasi. Masukan berupa sinyaf error dan cle/w error diterjemahkan menjadi ringkar kuamisasi. kemudwn dicari derajat kecmggoraannya pada fimgsijimg:.i ltimpunan jit:.:.y yang telaft dideftnisikan sebt!lumnya. Berdasarkan ntle-ncle juga teiah diclejinisiktm, maka didapatkw1 kepwustm-kepllrttsan. Dengan menggwwkan metode defit:.:_ijikasi Cemer of Area. keplltiiSIIII·kepwusan tersebttt menglrasilkan saw lwrga tingkat kuamisasi unruk sinyal keluaran. Harga rersebm dite1jemalrkan menjadi besaran sinyal kontrol yang semai, sebagai keluaran dari konrroler. U11111k sistem pengenda/ian kecepawn putaran motor diesel ini sistem yang dirancang adalah M!SO (Multi Jnpllt Single Output) dengan dua masuktm yaitu error(e) dart delta error (t.le) serta salll keluaran yaitu sinyal atur (u). Strcaegi }itz:::yjikasi di/akukan dengan 7 (tujult) variabel linguistik: NB, NS. NK NL. PK. PS. PB: ../9 awran dasar. sistem inferensi fu~~y ya11.g dipakai adalalt metode Min-t'vlamdwti serw memakai dejit:<.)}ikasi Cemer Of Area. Kecepatcm putaran motor diesel yang tetidenri.fikasi oleh sensor (tadwgenerator) dibandingkan dengan keceparan putar set point o/eh detekwr kesalahmt. Sinyal dari detektor kesalahan diolah oleh komrofer (logika fu:.:.y) tmlllk menghasilkan sinyal yang dapat menggerakkan fuel rack setelah melalui aktuator (elektro servolridrolis). Jumlah a/iran bahan bakar yang masuk kedalam silinder motor ditemukan oleh gerak fitel rack yang merttpakan unsur peming clafcmtmtmemukan keceparmr putaran motor tersebm Beberapa keterbatasan dalam sistem ini amara lain dalam menelllukan swbilitas dan sensiti>itas dari sistem yang disebabkan oleh pendekatan matematis terhadCip sistem tersebut masih sufit unwk dilakukan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSSP 629.89 Dwi s
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL521.3 Automatic Control
Divisions: Faculty of Marine Technology > Marine Engineering > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 15 Jan 2018 06:44
Last Modified: 15 Jan 2018 06:44
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/49362

Actions (login required)

View Item View Item