Optimasi Nyala Lampu Pengatur Lalu Lintas dengan Menggunakan Algoritma Genetika

Ahmanto, Heru Tri (2017) Optimasi Nyala Lampu Pengatur Lalu Lintas dengan Menggunakan Algoritma Genetika. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
master_theses.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Di era modern pertumbuhan penduduk semakin meningkat, dengan meningkatnya jumlah penduduk maka meningkat pula pengguna alat transportasi sehingga menyebabkan kemacetan di jalan raya. Persimpangan jalan merupakan konsentrasi permasalaan lalu lintas yang menjadi salah satu penyebab utama kemacetan lalu lintas di perkotaan hal ini karena persimpangan merupakan tempat berpindahnya mobil dari ruas jalan satu ke ruas jalan yang lainnya. Lampu pengatur lalu lintas merupakan lampu yang digunakan untuk menertibkan pengguna jalan yang melintasi persimpangan jalan, tetapi kebanyakan lampu pengatur lalu lintas tidak berjalan secara optimal karena pembagian jatah lampu untuk masing-masing ruas tidak optimal sehingga menyebabkan kemacetan lalu lintas. Pada penelitian ini diusulkan sebuah metode Algoritma Genetika untuk optimasi nyala lampu pengatur lalu lintas dengan tujuan mendapatkan kombinasi nyala lampu pengatur lalu lintas yang optimal pada masing-masing ruas jalan berdasarkan rata – rata total jumlah mobil yang mampu melewati persimpangan sehingga diharapkan mampu mengurangi kemacetan dijalan raya. Uji coba dilakukan dengan menggunakan 3 skenario,skenario 1 menghasilkan nyala lampu pengatur lalu lintas yang optimal pada masing-masing ruas jalan yaitu ruas jalan 1 dan ruas jalan 3 selama 49 detik waktu hijau dan 55 detik waktu merah, ruas jalan 2 dan ruas jalan 4 selama 55 detik waktu hijau dan 49 detik waktu merah dengan rata – rata total jumlah mobil yang melewati persimpangan sebanyak 81 mobil, skenario 2 nyala lampu pengatur lalu lintas yang optimal untuk ruas jalan 1 dan ruas jalan 3 selama 56 detik waktu hijau dan 54 waktu merah, ruas jalan 2 dan ruas jalan 4 selama 54 detik waktu hijau dan 56 waktu merah dengan total jumlah mobil yang melewati persimpangan sebanyak 95 mobil, skenario 3 nyala lampu pengatur lalu lintas yang optimal yaitu ruas jalan 1 dan ruas jalan 3 selama 60 detik waktu hijau dan 49 detik waktu merah, ruas jalan 2 dan ruas jalan 4 selama 49 detik waktu hijau dan 60 detik waktu merah dengan total jumlah mobil yang melewati persimpangan sebanyak 87 mobil. ==================================================================================================== The increasing of population growth in the modern era caused the means of transport also increase which causes congestion on the highway. Traffic lights is one of the traffic signs used to regulate people who crossing the intersection, but most of the traffic lights are not running optimally which causing the traffic congestion. Traffic lights is of the traffic signs used to regulate road users crossing the intersection, but most of the traffic lights are not running optimally because the rations lights for each roads not optimal, causing traffic jams. In this study proposed a method of genetic algorithm for optimization of the traffic lights in order to get a combination of the traffic lights are optimal on each road segment based on the total number of cars were able to pass through the intersection turn is expected to reduce congestion on the highway. Testing was conducted using three scenarios, scenario 1 produces lights optimal on each road segment, namely roads 1 and roads 3 for 49 seconds for green time and 55 seconds for red time, roads 2 and the road 4 for 55for green time and 49 second for red timewith means total number of cars passing through the intersection of as many as 81 cars, scenario 2, namely roads 1 and roads 3 for 56seconds for green time and 54 seconds for red time, roads 2 and the road 4 for 54seconds for green time and 56 seconds for red time with meantotal number of cars passing through the intersection of as many as 95 cars, scenario 3, roads 1 and roads 3 for 60 seconds for green time and 49 seconds for red time , roads 2 and the road 4 for 49seconds for green time and 60 second for red timewith mean total number of cars passing through the intersection of as many as87.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Optimasi, Persimpangan, Lampu pengatur Lalu Lintas, Algoritma Genetika =========================================================== Keywords: Optimization, Intersections, Traffic Light, Genetic Algorithm
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Information Technology > Informatics Engineering > (S2) Master Theses
Depositing User: Heru Tri Ahmanto
Date Deposited: 27 Feb 2018 04:06
Last Modified: 27 Feb 2018 04:06
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/49411

Actions (login required)

View Item View Item