Pemodelan Analisa Manfaat Biaya Dengan Metode Proses Hirarki Analitik Berbasis Komputer Untuk Pendukung Keputusan Penentuan Prioritas Proyek Pengairan (Studi Kasus Proyek RSJIPBA)

Sawitri, Diah Asri (2003) Pemodelan Analisa Manfaat Biaya Dengan Metode Proses Hirarki Analitik Berbasis Komputer Untuk Pendukung Keputusan Penentuan Prioritas Proyek Pengairan (Studi Kasus Proyek RSJIPBA). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
3100100503-Undergraduate-Theses.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview

Abstract

Proyek Rehabilitasi sungai, Jaringan lrigasi serta Penanggulangan Bencana Alam yang menangani peke~jaan rehabilitasi bangunan dan saluran. Proyek tersebut mempunyai banyak usulan pekcrjaan yang mcmbuat perlunya dilakukan penennmn prioritas proyek. Seldrna ini pcngambi Jan keputusan untuk rnenentukan pri oritas proyek pcngairan hanya berdasarkan intuisi para penilai proyck dan kurang bers ifat analitikal. Selain itu prioritas proyek pcngairan dilakukan sccara manual. Hal ini menyebabka11 sulitnya pengambilan kcputusan untuk menentukan prioritas proyek. Ana lisa mantaal biaya adalah salah satu metode yang digunakan untuk menentukan prioritas proyek. Pada proyck pcmerintah pcnimbangan penentuan prioritas tidak hanya didasarkan pada manfaat dun biaya ckonomis saja namun juga memperhitungkan manfaat lingkungan dari sosial. Analisa manfaat biaya konvensional tidak dapat mengkover scmua kriteria tcrsebut. untuk mengatasinya digunakan metode Proses Hierarki Analitik (PIIA) untuk mcndukung analisa manfaat biaya. Mctode PHA membutuhkan waktu yang tidak sedikit jika perhitungannya dilakukan secara manual, oleh sebab itu dibutuhkan suatu model berbasis komputer. Model tcrsebut mengintegrasikan penilaian berdasarkan intuisi penilai proyek dengan kemampuan analisa proses hirarki analitik dalam suatu aplikasi komputer. Pada model ini dilakukan beberapa !angkah proses yaitu penentuan kriteria. penyusunan hirarki. pcnilaian ( sintcsis ). evaluasi altematif dengan skala intensitas dan pada akhimya adalah pencntuan prioritas usulan proyck berdasarkan rasio prcfercnsi manfaat biaya. ;\lode! analisa manfaat biaya dcngan proses hirarki analitik berbasis komputcr ini menghasilkan pendekatan pcnyclcsaian pencmuan prioritas proyek pengairan yang lebih bersifat analitikal dan mudah dilaksanakan. Hasil yang diperoleh untuk rchabilitasi sungai cenderung kepada ahcmatif yang mempunyai manfaat umuk pengendalian banjir. Untuk Rehabilitasi jaringan irigasi nilai tertinggi cendcrung pada altematif yang mempunyai manfaat meningkatkan efisiensi jaringan irigasi. Secara keseluruhan dengan diterapkannya model tersebut diharapkan akan dapat mcningkatkan etisicnsi dan efektifitas pengambilan keputusan prioritas proyek Rchabilitasi Sungai,jaringan Irigasi sena Penanggulangan Bencana Alam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSS 658.404 Saw p
Uncontrolled Keywords: Analisa Manfat biaya; Proses Hicrarki Analitik; Prioritas Proyek Pengairan
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.62 Decision support systems
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 19 Jan 2018 02:54
Last Modified: 19 Jan 2018 02:54
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/49469

Actions (login required)

View Item View Item