Imania, Safira Chika Nurul (2018) Analisa Penyebab Kebakaran KM. Mutiara Sentosa I. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
04211440000003-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version Download (3MB) | Preview |
Abstract
Data KNKT menunjukkan jumlah kebakaran kapal dari tahun 2007 hingga Mei 2017, telah terjadi 29 kali. Dimana jumlah ini merupakan jumlah paling banyak jika dibandingkan dengan kecelakaan kapal lainnya. KM. Mutiara Sentosa I mengalami kebakaran pada 17 Mei 2017 di Masalembo, Madura. KM. Mutiara Sentosa I merupakan kapal penumpang yang melayani penyebrangan dari Surabaya menuju Balikpapan.
Terkait dengan kebakaran yang terjadi pada KM. Mutiara Sentosa I, dilakukan evaluasi penyebab kebakaran dengan menggunakan metode Apollo Root Cause Analysis. Metode ini digunakan untuk menentukan solusi yang dapat diimplementasikan.
Hasil dari analisa, kebakaran yang terjadi pada KM. Mutiara Sentosa I dikarenakan oleh muatan berbahaya yang ada dalam truk. Muatan berbahaya dapat masuk ke dalam kapal karena sistem masuknya barang ke dalam kapal tidak dilakukan sesuai dengan peraturan yang berlaku. Rekomendasi pada analisa ini mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomor 82 Tahun 1999 mengenai tahapan memuat barang berbahaya di dalam kapal.
=====================================================================================
NTSC data shows the number of fire on the ship from 2007 to May 2017, has occurred 29 times. Where the number of fires on the ship is the highest percentage compared to the other ship accident. KM. Mutiara Sentosa I had been on fire May 19th 2017 at Masalembo, Madura. KM. Mutiara Sentosa I is a passanger ship that serve from Surabaya to Balikpapan.
Related to the fire that occurred at KM. Mutiara Sentosa I, evaluated the cause of fire by using Apollo Root Cause Analysis method. This method is used to find solutions that can be implemented.
As the result of the analysis, the fire on KM. Mutiara Sentosa I caused by flammable cargoes in the truck. The flammable cargoes is on the ship because the entry system of cargoes into the ship does not comply with existing regulation. The recommendations in this analysis refer to Government Regulation No. 82 Year 1999, concerning the stages of loading dangerous goods on board.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | RSSP 623.882 2 Ima a-1 3100018074625 |
Uncontrolled Keywords: | KM.Mutiara Sentosa I, kebakaran, muatan, Apollo Root Cause Analysis |
Subjects: | V Naval Science > VK |
Divisions: | Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Safira Chika Nurul Imania |
Date Deposited: | 05 Mar 2018 07:05 |
Last Modified: | 03 Jul 2020 04:10 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/49722 |
Actions (login required)
View Item |