Kontrol Aliran Daya Sistem Managemen Baterai Dengan Kontrol Droop Pada Sistem Pembangkit Hibrid Plts-Pltb

Pradipta, Andri (2018) Kontrol Aliran Daya Sistem Managemen Baterai Dengan Kontrol Droop Pada Sistem Pembangkit Hibrid Plts-Pltb. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
07111650010012_Master_Thesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Sistem pembangkit hibrid yang terdiri dari pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) dan pembangkit listrik tenaga angin (PLTB) dihubungkan paralel pada bus DC. Sistem hibrid tersebut membutuhkan sistem penyimpanan energi misalnya baterai untuk menyimpan kelebihan daya yang dibangkitkan oleh PLTS dan PLTB serta memberikan daya ke bus DC bila terjadi kekurangan daya untuk memperoleh keseimbangan daya. PLTS dan PLTB harus dioperasikan pada kondisi daya maksimal yang bisa dibangkitkan oleh pembangkit untuk memperoleh energi sebesar – besarnya. Disisi lain, konverter baterai harus memiliki sistem kontrol yang baik untuk meregulasi tegangan bus DC meskipun daya yang dihasilkan oleh pembangkit hibrid berfluktuasi sesuai kondisi iradiasi matahari dan kecepatan angin. Pada penelitian ini telah dirancang sistem kontrol aliran daya pada sistem hibrid PLTS dan PLTB dengan sistem kontrol maksimum power point tracking (MPPT). Sistem ini terintegrasi dengan sistem managemen baterai (BMS) dengan sistem kontrol droop yang mampu menjaga tegangan bus DC tetap konstan. Simulasi dari sistem tersebut telah dilakukan dengan variasi iradiasi matahari, kecepatan angin dan beban. Efisiensi tracking menunjukkan kinerja kontrol MPPT untuk memaksimalkan daya PLTS dan PLTB, sementara respon dinamis dari tegangan bus DC menunjukkan kinerja kontrol droop yang mampu menjaga tegangan bus DC tetap konstan sesuai dengan regulasi yang telah dirancang =============================================================================================================== Hybrid system including photo Volt aic (PV) and w ind turbine generation system ( WT ) are connected in parallel on DC bus . Hibrid system proposed need ene rg y storage system (ESS) for example battery to store excessive power generated by PV and WT and supply power into DC bus to obtain balance of power. PV and WT are operated in maximum power to get much power. In other word, converter of battery must have suitable control system to regu l ate DC bus Volt age. Although the power produced by hibrid system, it was fluctuated depend on irradiation of the sun and wind speed fluctuation . This research applied hybrid PV and WT generation system with maximum power point t racking (MPPT) contr ol to get the maximum power . This system integrated with battery management system (BM S ) with droop control to regulate DC bus Volt age . Simulation results are presented with various irradiation of the sun, wind speed and load. Tracking efficiency show the performance of MPPT control to get the maximum power of PV and WT. Dinamic responses of DC bus Volt age show the performance of droop control that can keep DC bus Volt age constanly corresponding with the regulation’s design

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: PLTS, PLTB, BMS, kontrol MPPT, kontrol droop
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK1087 Photovoltaic power generation
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK7872 Electric current converters, Electric inverters.
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Electrical Engineering > (S2) Master Theses
Depositing User: Pradipta Andri
Date Deposited: 23 Mar 2018 02:41
Last Modified: 23 Mar 2018 02:41
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/49762

Actions (login required)

View Item View Item