Studi Pengaruh Kondisi Inisial Terhadap Operasi Peluncuran Struktur Jacket

Jahar, Rahmat (2018) Studi Pengaruh Kondisi Inisial Terhadap Operasi Peluncuran Struktur Jacket. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04111550010001-Master_Theses.pdf]
Preview
Text
04111550010001-Master_Theses.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Struktur jacket merupakan salah satu jenis struktur bangunan lepas pantai yang digunakan di perairan dangkal. Struktur jacket adalah struktur rangka baja yang terdiri dari kaki struktur dan rangka penunjang (brace) yang dikonfigurasikan dengan berbagai tipe perangkaan. Struktur tersebut dibangun di galangan kemudian dipindahkan, diangkut dan diinstal di lokasi struktur tersebut akan beroperasi. Pada saat proses instalasi tahap yang paling beresiko adalah tahap launching. Pada tahap tersebut jacket diluncurkan ke dalam air menggunakan launch barge. Proses launching dibagi dalam tiga tahap yaitu jacket slides, jacket tipping, dan jacket separation. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kondisi inisial launching terhadap proses launching dan analisa sruktur jacket selama proses launching.
Kondisi inisial yaitu sudut trim dan draft launch barge akan divariasikan untuk mengetahui pengaruh parameter tersebut terhadap motion barge, bottom clearance jacket, reaksi rocker arm, durasi launching (separation time), dan sudut trim barge maksimum. Kemudian analisa tegangan maksimum dan unity check (UC) pada struktur jacket selama proses lauching. Analisa proses launching dilakukan dengan bantuan software komersial. Pemodelan tiga dimensi jacket menggunakan software SACS 5.7. Model tersebut kemudian dikonversi ke software MOSES 7.10 untuk analisa launching.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variasi sudut trim barge lebih signifikan pengaruhnya dari pada draft terhadap separation time, reaksi rocker arm, dan sudut trim barge maksimum. Variasi sudut trim dan draft barge tidak signifikan pengaruhnya terhadap perubahan bottom clearance jacket dengan seabed. Stabilitas launch barge pada 24 variasi kondisi inisial trim dan draft telah memenuhi syarat stabilitas. Rentang minimal stabilitas barge adalah 49.02⁰, area rasio (K) minimum adalah 12.16 dan tinggi metacenter (GM) minimum adalah 22.90 m. Pada analisa struktur, tegangan axial maksimum struktur jacket dari 24 kondisi inisial sudut trim dan draft yang telah divariasikan adalah 122.09 MPa pada kondisi inisial sudut trim buritan 2.0⁰ dan draft 9.0 m. Tegangan tersebut telah memenuhi syarat karena tidak melebihi tegangan izin axial yaitu 245.6 MPa. Tegangan bending maksimum struktur jacket adalah 289.46 MPa pada kondisi inisial sudut trim buritan 3.0⁰ dan draft 8.5 m. Tegangan tersebut tidak memenuhi syarat karena melebihi tegangan izin bending yaitu 266.64 MPa. Dari 24 variasi sudut trim dan draft yang telah ditentukan terdapat 10 variasi yang tidak memenuhi syarat UC (unity check) struktur jacket.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RTKe Jah s
Uncontrolled Keywords: launching; trim; draft; motion barge; bottom clearance; rocker arm reaction
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH)
Depositing User: Jahar Rahmat
Date Deposited: 19 Feb 2018 04:04
Last Modified: 05 Mar 2019 04:19
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/49841

Actions (login required)

View Item View Item