Pemilihan Tipe Perkerasan Untuk Pekerjaan Pemeliharaan Jalan Pada Dataran Tinggi Di Kabupaten Trenggalek

Prayogo, Anang (2018) Pemilihan Tipe Perkerasan Untuk Pekerjaan Pemeliharaan Jalan Pada Dataran Tinggi Di Kabupaten Trenggalek. Masters thesis, Institut Teknnologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3115207802-Master_Thesis.pdf]
Preview
Text
3115207802-Master_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (18MB) | Preview

Abstract

Trenggalek merupakan salah satu Kabupaten di Jawa Timur yang terletak di Pesisisr laut selatan. dimana berbatasan langsung dengan Kabupaten Ponorogo, Kabupaten Tulungagung, Kabupaten Pacitan dan Kabupaten Wonogiri. Kondisi geografis di Kabupaten Trenggalek mayoritas didominasi dataran tinggi.
Infrastruktur jalan di dataran tinggi sangat dibutuhkan dan penting untuk menunjang perekonomian Kabupaten Trenggalek. Permasalahan yang terjadi, infrastruktur jalan yang ada di Kabupaten Trenggalek khususnya di dataran tinggi sering mengalami kerusakan. Kerusakan ini bisa disebabkan oleh pemilihan tipe perkerasan yang kurang tepat. Di sisi lain pemilihan tipe perkerasan yang kurang tepat dapat mengganggu keamanan dan kenyamanan pengguna jalan. Dengan keterbatasan anggaran yang tersedia sedangkan kewenangan penanganan ruas jalan terus bertambah, pemerintah daerah harus bisa memanfaatkan dana tersebut secara tepat untuk mendapatkan pelayanan jalan yang mantap.
Data pada penelitian ini berupa data sekunder dan data primer. Data sekunder yaitu nama ruas jalan pada dataran tinggi di Kabupaten Trenggalek yang diperoleh dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Trenggalek. Data primer yaitu topografi jalan, jenis perkerasan yang sudah digunakan, kriteria awal, nilai perbandingan tiap kriteria dan skoring tiap tipe perkerasan berdasarkan topografi jalan. Data Primer diperoleh dengan melakukan observasi lapangan dan survei kuisioner Metodologi yang digunakan yaitu dengan melakukan melakukan identifikasi perkerasan yang digunakan apa saja, identifikasi kondisi topografi wilayah dan kondisi geografis jalan. Dengan melakukan wawancara dan membagi kuisioner kepada pejabat dan lembaga yang berperan dalam menangani pekerjaan jalan khususnya didataran tinggi, akan didapatkan kriteria-kriteria yang perlu dipertimbangkan serta bobot tiap kriteria untuk mendapatkan tipe perkerasan yang tepat. Kriteria yang didapatkan akan dilakukan pembobotan dengan pairwise comparation, kemudian dengan memberikan penilaian perkerasan yang digunakan terhadap kondisi geografis jalan berdasarkan kriteria yang dipentingkan didapatkan nilai skor. Nilai skor akan dikalikan dengan nilai bobot dan dijumlahkan hasil perkalian bobot dan skor tiap kriteria. Semakin tinggi nilai penjumlahan perkalian menjadi acuan semakin tepat dalam melakukan pemilihan tipe perkerasan berdasarkan kondisi topografi wilayah dan geografis jalan pada dataran tinggi.
Dari hasil pengamatan dilapangan kondisi topografi wilayah jalan di Kabupaten Trenggalek merupakan jalan perbukitan. Kondisi geografis jalan potongan melintang jalan ada empat yaitu jalan diantara dataran dan dataran, diantara tebing dan jurang, diantara tebing dan tebing dan diantara tebing dan jurang. Perkerasan jalan yang digunakan di Kabupaten Trenggalek yaitu beton bertulang, beton tak bertulang, beton tak bertulang dua sisi, ACL dan lapen. Dari hasil sintesa usulan kriteria dan hasil wawancara dengan ahli, didapatkan tujuh kriteria yang dipentingkan yaitu situasi dan kondisi lokasi pekerjaan(0.245), keselamatan pengguna jalan(0.201), ketahanan terhadap gerusan air(0.189), daya dukung tanah(0.178), biaya konstruksi(0.008), perawatan setelah masa pemeliharaan(0.065), kenyamanan pengguna jalan(0.034). Dari hasil perhitungan tabel pemilihan perkerasan pada kondisi geometri vertikal jalan mendatar dan menanjak/menurun landai mayoritas ACL menjadi pilihan utama, untuk jalan dengan geometri vertikal jalan dengan tanjakan/turunan curam perkerasan beton bertulang merupakan pilihan tepat. Untuk geometri horizontal jalan dengan akses dan belokan tajam beton tak bertulang merupakan pilihan yang tepat. =======================================================================================================
Trenggalek is one of the regencies in East Java located in the southern part of the sea. which is directly adjacent to Kabupaten Ponorogo, K bupaten Tulungagung, Kabupaten Pacitan and Kabupaten Wonogiri. The geographical condition in Trenggalek Regency is predominantly highland. Road infrastructure on hilly area is needed and important to support the economy of Trenggalek Regency. Problems that occur, the existing road infrastructure in Trenggalek Regency especially on hilly area often experience damage. This damage can be caused by the inappropriate selection of pavement types. On the other hand, the inappropriate selection of pavement types can disrupt the safety and comfort of road users. With the limited budget available while the road handling authority continues to grow, local governments should be able to utilize these funds appropriately to obtain a steady road service.
Data in this research are secondary and primary data. Secondary data is the name of the road segment on hilly area in Kabupaten Trenggalek obtained from Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Trenggalek. Primary data are road topography, pavement type that has been used, initial criterion, comparative value of each criterion and scoring of each type of pavement based on road topography. Primary data was obtained by conducting field observation and questionnaire survey. Methodology used is to identify pavement using any kind, identification of topography condition of area and road geography condition. By conducting interviews and distributing questionnaires to officials and institutions that play a role in dealing with road works, especially on the hilly area, we will find criteria to consider and the weight of each criterion to get the right type of pavement. The criteria obtained will be weighted by pairwise comparation, then by giving the pavement assessment that is used to the geographical condition of the road based on the criterion of importance obtained score. The value of the score will be multiplied by the weighted value and summed by the multiplication of weights and score of criteria. The higher the value of the multiplication multiplication becomes the more appropriate reference in choosing the pavement type based on the topographic condition of the region and the geography of the road on the plateau.
From the results of observations in the topographic condition of road areas in Trenggalek Regency is a hilly road. The geographical condition of the cross-cut roads is four, namely the road between the plains and plains, between cliffs and ravines, between cliffs and cliffs and between cliffs and ravines. The road pavement used in Kabupaten Trenggalek Regency is reinforced concrete, reinforced concrete, double-sided concrete, ACL and lapen. From the result of synthesis of proposed criteria and result of interview with expert, got seven criteria that are importance that is situation and condition of job location (0.245), road user safety (0201), resistance to water scouring (0.189), land carrying capacity (0.178), (0.008), after maintenance (0.065), Leisure of road users (0.034). From the calculation of pavement table selection in vertical geometry condition of horizontal road and uphill / downhill the majority of ACL becomes the main choice, for road with vertical geometry of road with steep incline / derivative of reinforced concrete pavement is the right choice. For horizontal road geometry with access and sharp curves of reinforced concrete is the right choice.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RTS 625.761 Pra p-1 3100018074909
Uncontrolled Keywords: perkerasan jalan; kondisi geometri jalan; dataran tinggi; dan Kabupaten Trenggalek; road pavement; road geographical condition; plateau; and Kabupaten Trenggalek.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE7 Transportation--Planning
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Anang Prayogo
Date Deposited: 09 Mar 2018 03:22
Last Modified: 10 Jul 2020 05:37
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/49911

Actions (login required)

View Item View Item