Analisa Penggunaan Regenerative Brake pada Mobil Multiguna Pedesaan Bertenaga Listrik

Perdana, Pradipta Bintang (2018) Analisa Penggunaan Regenerative Brake pada Mobil Multiguna Pedesaan Bertenaga Listrik. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 02111340000130-Tugas Akhir.pdf]
Preview
Text
02111340000130-Tugas Akhir.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pertumbuhan penduduk semakin hari semakin kendaraan bermotor semakin meningkat pula. Kendaraan berguna untuk memudahkan manusia dalam berpindah antar satu tempat dengan tempat lainnya. Padahal cadangan bahan bakar fosil semakin menipis akibat digunakan terus-menerus. Jika penggunaan bahan bakar fosil tidak dikurangi, maka dalam beberapa tahun kedepan cadangan bahan bakar akan habis. Maka dari itu perlu alternatif energi lain yang digunakan untuk menggerakkan kendaraan. Salah satunya adalah kendaraan tenaga listrik. Kendaraan listrik selain dapat mengurangi konsumsi bahan bakar juga memiliki beberapa keuntungan daripada kendaraan dengan mesin antara lain tidak ada emisi yang ditimbulkan, minim perawatan. Umumnya kendaraan listrik ditunjang dengan sistem regenererative brake. Sistem regenerative brake ini berguna untuk mengembalikan energi kinetik yang terbuang selama proses pengereman dan disimpan untuk digunakan kembali. Selain pada kendaraan listrik, regenerative brake juga dapat diaplikasikan pada kendaraan konvesional dengan bertenaga bahan bakar minyak. Jika pada kendaraan listrik penggunaan regenerative brake dapat meningkatkan jarak tempuh kendaraaan, pada kendaraan bertenaga bahan bakar minyak dapat mengurangi konsumsi bahan bakar yang bertujuan meningkatkan jarak tempuh kendaraan juga dengan jumlah bahan bakar sama.
Penelitian ini menganalisa penggunaan regenerative brake pada mobil multiguna pedesaan. Tahap pertama mencari porsi yang sesuai antara regenerative brake dengan rem mekanis dengan mencari kurva pengereman yang sesuai dengan batas maksimum kurva pengereman ideal dan batas minimum kurva pengereman standar ECE. Setelah diketahui porsi pengereman yang baik, selanjutnya dicari gaya pengereman elektrik dan pengereman mekanik. Tahap selanjutnya adalah mensimulasikan model pengereman regenerative brake pada software Matlab-Simulink. Simulasi diawali dengan memodelkan gaya-gaya yang mempengaruhi perlambatan kendaraan sehingga didapat gaya pengereman. Dari gaya pengereman akhirnya didapat torsi pengereman dan dari torsi pengereman didapat daya pengereman. Daya pengereman yang akhirnya masuk ke generator untuk dikonversikan menjadi energi listrik dan disimpan pada baterai. Tahap terakhir mencari efisiensi sistem regenerative brake dengan membandingkan energi yang tersedia dengan energi bangkitan.
Dari penelitian didapatkan porsi regenerative brake pada koefisien gesek jalan 0,8 sebesar 0,124 dengan gaya pengereman 2326,584 N. Porsi ini dapat berubah sesuai dengan koefisien gesek jalan. Energi bangkitan dari sistem regenerative brake sebesar 1,738 kWh pada koefisien gesek jalan 0,8 dengan efisiensi 51,74%.

========================================================================================================

Population growth is rapidly increase. This resulted in the need for motor vehicles to increase as well. Vehicle is useful to facilitate humans in moving between places with other places. Whereas fossil fuel reserves are getting thinner due to continuous use. If the use of fossil fuels is not reduced, then in the next few years the fuel reserves will be exhausted. Therefore it is necessary alternative energy used to drive the vehicle. One of them is electric vehicle. Electric vehicles in addition to reducing fuel consumption also has several advantages over the vehicle with the engine, among others, no emissions generated and minimal maintenance. Generally electric vehicles supported by the regenerative brake system. This regenerative brake system is useful for restoring wasted kinetic energy during the braking process and stored for reuse. In addition to electric vehicles, regenerative brake can also be applied to conventional vehicles with fuel oil. If on electric vehicles regenerative brake usage can increase vehicle mileage, in fuel-powered vehicles can reduce fuel consumption aimed at increasing vehicle mileage also with the same amount of fuel.
This study analyzes the use of regenerative brake in rural multipurpose car. The first stage looks for an appropriate braking portion of the regenerative brake with a mechanical brake by finding the braking curve corresponding to the maximum limit of the ideal braking curve and the minimum ECE standard bracket curve. Electrical braking is designed at the beginning of the braking process for maximum energy to be generated. Having known the portion of good braking, then sought the force of electrical braking and mechanical braking. The next step is to simulate the regenerative brake braking model in Matlab-Simulink software. The simulation begins with modeling forces that affect the slowing of the vehicle to obtain braking force. From braking force finally obtained braking torque and from braking torque obtained braking power. Braking power that eventually goes into the generator to be converted into electrical energy and stored on battery. The last stage looks for the efficiency of the regenerative brake system by comparing the available energy with the generated energy.
From the research, the regenerative brake portion of the road friction coefficient of 0.8 is 0.124 with the braking force of 2326.584 N. This portion can be changed according to the coefficient of road friction. The generated energy from the regenerative brake system is 1.738 kWh in the friction coefficient of 0.8 with the efficiency 51.74%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSM 629.229 3 Per a-1 3100018074760
Uncontrolled Keywords: Regenerative Brake, porsi pengereman, simulasi Matlab-Simulink, Energi Bangkitan
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ230 Machine design
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Perdana Pradipta Bintang
Date Deposited: 19 Mar 2018 02:42
Last Modified: 14 Jul 2020 03:15
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/49986

Actions (login required)

View Item View Item