Perancangan Sistem Remote Operasi Pada Mast Kapal Tugboat

Akbar, Alif Nugraha (2018) Perancangan Sistem Remote Operasi Pada Mast Kapal Tugboat. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04211340000097-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
04211340000097-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kapal mempunyai beberapa jenis tipe kapal, salah satunya adalah kapal tunda (Tugboat). Ketika kapal tugboat akan melewati bawah jembatan, maka kapal harus merebahkan tiang (mast) untuk menghindari terbenturnya antara mast dengan jembatan. Proses merebahkan mast masih dilakukan secara manual dengan cara awak kapal membuka bagian penyangga dari mast tersebut lalu mast ditarik kebawah hingga rebah dengan menggunakan tali. Pada Skripsi kali ini akan membahas tentang efisiensi cara kerja awak kapal pada saat merebahkan mast kapal tugboat dengan menambahkan motor winch sebagai penggerak utama dalam merebahkan dan menaikan mast kapal tugboat. Kapal tugboat yang digunakan mempunyai dimensi LOA 21.6 m, LWL 18.86 m, BEAM Max 6 m, Depth 2.7 m, Draft 1.6 m, Cb 0.514 dan Vs 11 knot. Kapal tugboat ini mempunyai panjang mast 4.2 m. Mast kapal tugboat kali ini menggunakan cara kerja seperti jungkat-jungkit, dimana diberikan penambahan beban dibagian bawah dari mast. Beban diperoleh menggunakan 6 variabel dan setiap variabel menggunakan 3 asumsi ukuran yang berbeda yang menghasilkan beban paling efisien sebesar 471 kg dengan bahan baja. Dari hasil beban tersebut, dilakukan analisis dimana mast dalam posisi horizontal menuju posisi vertikal tanpa menggunakan motor winch dan tali yang menghasilkan waktu sebesar 0.72 detik. Analisa lain yang dilakukan adalah pencarian tegangan tali pada mast posisi horizontal dan mast pada posisi vertikal (saat akan ditarik). Pada saat mast dalam posisi horizontal, dilakukan juga analisa efisiensi penempatan motor dan penempatan pengait tali pada mast dengan menggunakan 9 variabel tempat yang berbeda. Mast pada posisi horizontal menghasilkan tegangan tali sebesar 1.118 kg dan mast pada posisi vertikal (saat akan ditarik) sebesar 1014.067 kg. Motor winch yang digunakan jenis WARN ProVantage 2500-s dan tali syntethic rope yang mempunyai kapasitas 1134 kg . Sistem otomasi yang menggunakan remote wireless control yang mempunyai jangkauan hingga 50 ft (15.24 m). Perubahan waktu menggunakan motor dan tali pada mast posisi vertikal (saat akan ditarik) menuju mast posisi horizontal dan sebaliknya dengan asumsi menggunakan beban konstan pada beban maksimal yang dihasilkan pada tegangan tali menghasilkan waktu sebesar 1.408 menit atau 84.48 detik. Pada Skripsi kali ini juga menggunakan software solidwork untuk mevalidasi tegangan tali maksimum dengan spesifikasi tali yang digunakan. Dari simulasi yang dilakukan diapatkan hasil bahwa tali masih dapat menahan beban maksimum tali dengan tegangan yang terjadi pada tali dari ujung pada mast dan ujung pada motor sebesar 2.62 x 107 N/m2.
===================================================================================================
Ship has several types, which one is Tugboat. When tugboat is going to pass under the bridge, then tugboat should lay down its mast to avoid collision between mast and bridge. The process to lay down the mast is done manually with ship’s crew opening the buffer section of mast, then mast is being pulled down until it laid down using rope. This thesis will discuss about work efficiency of ship’s crew when laying down the mast of tugboat by adding winch motor as main drive on laying down and rising mast of tugboat. Tugboat that used has LOA 21.6 m, LWL 18.86 m, BEAM Max 6 m, Depth 2.7 m, Draft 1.6 m, Cb 0.514 and Vs 11 knot. This tugboat mast has length 4.2 m. This tugboat mast mechanism is similar to see saw, where load is added to low part of mast. Load is obtained by using 6 variables and each variable using 3 different sizes assumption which result the most efficient load is 471 kg with steel material. From that load result, analysis is held where mast is on horizontal position toward vertical position without using winch motor and rope which spend 0,72 second. Another analysis that held is rope stress search where mast on horizontal position and vertical position (when being pulled). When mast on horizontal position, another analysis is being held which is motor placement efficiency and rope hook placement on mast using 9 different place variables. Mast on horizontal position results rope stress 1.118 kg and mast on vertical position (when being pulled) results 1014.067 kg. Winch motor that used is WARN ProVantage 2500-s type and syntethic rope capacity is 1134 kg. Automatic system that using remote wireless control has range up to 50 ft (15.24 m). Time alteration when using motor and rope on vertical position mast (when being pulled) toward horizontal position mast and vice versa with assumption using constant load on maximal load that resulting from rope stress spend 1.408 minutes or 84.48 seconds. This thesis also using solidwork software to validate maximum rope stress with rope specification that is used. From simulation that is done, the result is rope is still capable to hold rope maximum load with stress that occur on rope at end of rope and end of motor which is 2.62 x 107 N/m2.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSSP 623.823 2 Akb p-1
Uncontrolled Keywords: Mast Kapal Tugboat; Tegangan Tali; Winch; Remote Wireless; Solidwork; Tugboat Mast; Rope Stress s, Solidwork
Subjects: V Naval Science > V Naval Science (General)
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM 464 Towboats. Tugboats
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Akbar Alif Nugraha
Date Deposited: 16 Mar 2018 06:48
Last Modified: 23 Sep 2020 02:53
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/50001

Actions (login required)

View Item View Item