Analisa Teknis dan Ekonomis Penggunaan Panel Surya dan Turbin Angin sebagai Sumber Energi Listrik untuk Memenuhi Kebutuhan Lampu Penerangan pada Kapal Perintis 2000GT

Saragih, Hutrizain Claudio Raypa (2018) Analisa Teknis dan Ekonomis Penggunaan Panel Surya dan Turbin Angin sebagai Sumber Energi Listrik untuk Memenuhi Kebutuhan Lampu Penerangan pada Kapal Perintis 2000GT. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
04211440000054-Undergraduate-Theses.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22MB) | Request a copy

Abstract

Kapal perintis merupakan kapal yang dibuat untuk menghubungkan pelabuhan – pelabuhan yang belum layak secara ekonomi dan bisnis. Dalam penggunaan sehari - hari, kapal sangat bergantung dengan penggunaan bahan bakar minyak untuk menjalankan main engine, generator, generator darurat, dll. Ketergantungan terhadap penggunaan bahan bakar minyak terse but menyebabkan biaya operasional kapal menjadi tinggi sedangkan di lain sisi pelayaran perintis ini belum layak secara ekonomi dan bisnis. Dalam riset ini ditawarkan solusi berupa penggunaan panel surya dan turbin angin sebagai sumber energi untuk memenuh i kebutuhan listrik untuk lampu penerangan di kapal roro ferry 2000 GT. Dalam riset ini dikaji penggunaan panel surya dan turbin angin secara teknis dan ekonomis mengenai perancangan system tersebut. Analisa secara teknis dilakukan dengan menghitung kebutu han daya kelistrikan untuk lampu penerangan dan kemudian menghitung total panel surya dan turbin angin yang dapat diaplikasikan di kapal roro ferry 2000 GT tersebut. Setelah itu dilakukan konfigurasi ulang kebutuhan kelistrikan di kapal akibat penggunaan p anel surya dan turbin angin. Analisa secara ekonomis dilakukan dengan membandingkan konsumsi bahan bakar Antara system konvensional yang menggunakan generator dengan system hybrid yang menggunakan generator, panel surya, dan turbin angin dan dilakukan perh itungan Break Even Pointnya. Dari hasil riset ini, diketahui total daya panel surya dan turbin angin yang dapat diaplikasikan di kapal adalah sebesar 53,94 KW dan 17,42 KW. Dari segi ekonomisnya, dengan penggunaan panel surya dan turbin angin ini dapat me nghemat konsumsi bahan bakar di kapal roro ferry 2000GT sebanyak 17,53% per tahun. Dan dengan menghitung biaya investasi, operasional, dan maintenance dari system konvensional dan system hybrid nilai break even point nya diperoleh setelah 3 tahun 10 bulan system tersebut beroperasi. ============================================================================================= Pioneer ship are ships made to connect harbors that are not yet economically and viable. In daily use, ships depend heavily on the use of fuel oil to run main engines, generators, emergency generators, etc. This dependence on fuel use causes the operational cost of the vessel to be high while on the other side the pioneer voyage is not yet economically and viable. In this research is offered solution in the form of usage of solar panel and wind turbine as energy source to fulfill the need of lighting lights in roro ferry 2000 GT. In this research we studied the use of solar panels and wind turbines technically and economically about the design of the system. Technical analysis is done by calculating the electrical power requirements for lighting and then calculating the total solar panels and wind turbines that can be applied in the 2000 GT roro ferry. After that, reconfigure the electrical system in the ship due to the use of solar panels and wind turbines. Economical analysis is done by comparing fuel consumption between conventional system that using generator with hybrid system that using generator, solar panel, and wind turbine and done the calculation of Break Even Point. From the research, it is known that the total power of solar panels and wind turbines that can be applied on the ship is 53,94 KW and 17.48 KW. In terms of economics, with the use of solar panels and wind turbines can save fuel consumption in 2000GT roro ferry as much as 17.53% per year. And by calculating the investment, operational, and maintenance costs of the conventional system and hybrid system, the break even point value is obtained after 3 years 10 months the system operates.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: solar panel, wind turbine, pioneer ship, break even point, panel surya, turbin angin, kapal perintis
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ810.5 Solar energy
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
Divisions: Faculty of Marine Technology > Marine Engineering > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: Hutrizain Claudio Raypa Saragih
Date Deposited: 06 Feb 2018 09:03
Last Modified: 06 Feb 2018 09:03
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/50008

Actions (login required)

View Item View Item