Studi Kekuatan Mekanisme Penahan Lengan Turbin Pada Floating Platform PLTAL

Usail, Zaqa (2018) Studi Kekuatan Mekanisme Penahan Lengan Turbin Pada Floating Platform PLTAL. Undergraduate thesis, Institut Teknolgi Sepuluh Nopember.

[img] Text
04211546000013-Undergraduate__thesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Abstrak - Floating platform PLTAL (Pembangkit listrik tenaga arus laut) merupakan salah satu moda pembangkit listrik terbarukan karna memanfaatkan pasang surut air laut . energi yang dapat dihasilkan dari konversi gaya mekanik menjadi energi listrik. Dalam pengkonversian tersebut digunakan Turbi,Generator, Dan Gearbox sebagai mode konversi gaya mekanik menjadi energi listrik. Desain dan kekuatan penahan untuk penahan Turbin,Generator, dan Gearbox adalah factor yang sangat penting untuk mendapatkan efisiensi energi secara maksimal. Dalam merencanakan mekanisme penahan disini digunakan metode FEM (Finite Element Method). metode FEM salah satu metode numerik dengan cara membagi obyek ke dalam elemen-element kecil. Langkah pertaman melakukan pembagian elemen-element dari mekanisme penahan dimana terdiri dari 4 bagian yaitu chuck,frame poros utama,pengunci bagian atas, dan bushing. selanjutnya dilakukan pemodelan dari setiap element penahan dan berakhir dengan melakukan simulasi untuk mengetahui kekuatan setiap element. Hasil penelitian menunjukan bahwa tegangan von misses (σ) pada daerah chuck tegangan maksimum yang muncul sebesar 1.570 10^6 pascal, pada pengunci pada bagian atas tegangan maksimum yang muncul sebesar 7.145 10^6 pascal, frame poros utama dibagi menjadi 2 kondisi yaitu pada saat beroprasi dan pada saat stand by. pada saat beroprasi sebesar 2.114 106 pascal, pada saat stand by sebesar 1.757 10^7 pascal, ,Bushing dibagi menjadi 2 kondisi juga yaitu pada saat beroprasi dengan pada saat stand by. pada saat beroprasi sebesar 1.229 10^7 pascal danpada saat stand by sebesar 1.516 10^7 pascal, Mengacu pada ABS tingkat keamanan dari material semua komponen dapat kategorikan aman karna memiliki nilai σ ≤ 3.22 10^7 =========================================================================================================== Abstract - Floating platform Marine current power plant is one of the modes of renewable power generation because the tidal use of sea water. that energy can be generated from the conversion of mechanical forces into electrical energy. In the conversion is used Turbi, Generator, And Gearbox as a mode of mechanical force conversion into electrical energy. The design and retaining power for retaining the Turbine, Generator, and Gearbox are the most important factors to achieve maximum energy efficiency. In planning the retaining mechanism here is used FEM method (Finite Element Method). FEM method is one of the numerical methods by dividing objects into small elements. The first step is to divide the elements of the retaining mechanism which consists of 4 parts, namely chuck, main pivot frame, upper lock, and bushing. then do the modeling of each retaining element and end by doing a simulation to know the strength of each element. The results of the research indicate what is meant in wikipedia bahasa indonesia. At the highest condition that occurred at 1.570 10^6 pascal, on the lock at the top of the large 7145 10^6 pascal beres, the main pivot frame is divided into 2 conditions at the time of operation and at the time of preparation. at the time of operation of 2,114 10^6 pascal, when stand by for 1.757 10^7 pascal, Bushing is divided into 2 conditions also at the time of operation with at stand by. at the time of operation of 1,229 10^7 pascal and at stand-by 1.516 10^7 pascal, Referring to ABS the safety level of the materials of all components can be categorized safe because it has a value of σ ≤ 3.22 10^7

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Mekanisme penahan, metode Finite Element Method, Tegangan
Subjects: T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering > TC1680 Offshore structures--Models
Divisions: Faculty of Marine Technology > Marine Engineering > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: Zaqa Usail
Date Deposited: 21 Mar 2018 02:33
Last Modified: 21 Mar 2018 02:33
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/50024

Actions (login required)

View Item View Item