Padaga, Laura Karennina (2018) Penjadwalan Berdasarkan Analisis Faktor-Faktor Penyebab Keterlambatan Proyek Reparasi Kapal: studi kasus MV. Blossom. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
4314100146-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version Download (5MB) | Preview |
Abstract
Reparasi kapal merupakan sebuah proyek yang singkat dalam prosesnya sehingga waktu merupakan elemen kritis sebagai parameter penyelesaian. Keterlambatan waktu merupakan suatu peristiwa yang dapat terjadi pada setiap proyek. Suatu proyek cenderung mengalami keterlambatan apabila buruknya manajemen proyek dan juga kesalahan-kesalahan yang disebabkan oleh sumber daya manusia didalamnya. Tugas akhir ini menganalisa faktor penyebab keterlambatan pada proyek reparasi kapal MV. Blossom dengan menggunakan metode fault tree analysis (FTA) serta membuat rencana baru penjadwalan proyek agar dapat dijadikan sebagai acuan supaya proyek dapat selesai sesuai dengan jangka waktu yang telah ditentukan dengan menggunakan Critical Path Method (CPM). Dari hasil analisa metode FTA didapatkan tiga peluang basic-event penyebab keterlambatan proyek sebesar 0.33196 untuk peralatan kerja terbatas, 0.22502 untuk peralatan jarang dirawat, dan 0.12393 untuk jumlah tenaga kerja kurang. Untuk hasil penjadwalan ulang dengan CPM didapatkan bahwa proyek dapat selesai dalam waktu 41 hari yang semula berdurasi 101 hari.
=======================================================================================================
Repair ship is a short process project that time is the critical element as a parameter of completion. Time delay is an event that can happen on any project. A project tends to experience the delay when poor project management and the faults which is caused by human resources in it. This thesis analyzes the factors causing delay on ship MV. Blossom project using Fault Tree Analysis (FTA) method and also making a new plan of project schedulling in order to be a reference so the project can be completed according to the specified time period by using Critical Path Method (CPM) obtained three probability basic event that are the main cause of project delays amounted to 0.33196 for the limited working equipment, 0.22502 for equipment rarely treated, and 0.12393 for lack of sum labor. For the reschedulling using CPM obtained the project can be completed within 41 days which origanlly 101 days.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | RSKe 623.820 028 Pad p-1 3100018074668 |
Uncontrolled Keywords: | critical path method, fault tree analysis, keterlambatan proyek, reparasi kapal, project delay, ship repair |
Subjects: | V Naval Science > VC Naval Maintenance > VC 270-279 Equipment of vessels, supplier,allowances,etc |
Divisions: | Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Ocean Engineering > 38201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Padaga Laura Karennnina |
Date Deposited: | 06 Feb 2018 09:23 |
Last Modified: | 27 Mar 2020 15:57 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/50035 |
Actions (login required)
View Item |