Studi Pengaruh Penggantian Bahan Bakar dari High Speed Diesel (HSD) ke Bahan Bakar Gas Terhadap Performa Pembangkit Listrik Tenaga Uap (Studi Kasus PLTU Unit 2 100 MW PT.PJB UP Gresik)

Indriani, Lana Ika (2018) Studi Pengaruh Penggantian Bahan Bakar dari High Speed Diesel (HSD) ke Bahan Bakar Gas Terhadap Performa Pembangkit Listrik Tenaga Uap (Studi Kasus PLTU Unit 2 100 MW PT.PJB UP Gresik). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
2111340000082_Undergraduate_Theses.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Jumlah kebutuhan listrik setiap tahun meningkat seiring dengan meningkatnya jumlah penduduk dan pertumbuhan ekonomi setiap tahunnya. Seiring dengan meningkatnya harga batubara dan minyak dunia yang semakin hari meningkat mengakibatkan pembengkakan biaya operasional dari PLTU tersebut. Dengan harga minyak yang semakin naik, maka dilakukan penggantian bahan bakar pada PLTU Unit 2 dengan menggunakan Bahan Bakar Gas (BBG). Berdasarkan indikasi dari orang pembangkit di lapangan bahwa kebutuhan udara dengan Bahan Bakar Gas lebih besar daripada High Speed Diesel. Hal ini memungkinkan adanya rating pada pembangkit tersebut. Oleh karena itu, pada penelitian ini bertujuan ingin membuktikan bahwa klaim orang pembangkit yang menyatakan bahwa kebutuhan udara Bahan Bakar Gas lebih besar daripada High Speed Diesel. Sehingga dapat dilakukan analisa mengenai kebutuhan udara pada masing-masing bahan bakar. Pada studi ini dilakukan penggantian bahan bakar dari High Speed Diesel (HSD) ke Bahan Bakar Gas dan beban yang berbeda. Data perhitungan dalam penelitian ini didapat dari heat balance dan studi literatur dari beberapa tugas akhir terdahulu. Hasil studi menyimpulkan, pada pembebanan 50%,75%, dan 100% telah terjadi penurunan rata-rata konsumsi bahan bakar, laju alir massa udara, heat rate sebesar 6,06%; 2,13%; 0,88% dan peningkatan efisiensi pembangkit rata-rata sebesar 1,04%. ============================================================================================ Increasing global price of petroleum, in addition to the growing demand of electrical energy, affects significantly on the operational cost of power plants. As an alternative, companies are starting to convert to cheaper and more efficient energy resources such as gas. In steam power plants, for example, gas can be used as a fuel to replace High Speed Diesel (HSD), a petroleum derivative, because it burns more air during combustion. As such, the steam power plants may be uprated or derated. In order to carefully evaluate the impact of different fuels on steam power plants performance, the author deploys heat balance to examine the data from PLTU Unit 2 100 MW PT. PJB UP Gresik. Calculations are made for each fuel based on varying loads 50%, 75%, 100% to obtain mass flow rates of fuel and air, and heat rate values. The results of the study conclude that 50%, 75%, and 100% loads have decreasing average fuel consumption, air mass flow rate, heat rate 6.06%; 2.13%; 0.88% and an increase in average power efficiency by 1.04%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: air supply, different fuels, power plant performance
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ164 Power plants--Design and construction
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: - Indriani Lana Ika
Date Deposited: 08 Feb 2018 09:18
Last Modified: 08 Feb 2018 09:18
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/50085

Actions (login required)

View Item View Item