Fazlurrohman, Da'i Rusdiani (2018) Studi Optimasi Sistem Water Jet Dengan Memodifikasi Blade Impeller Menggunakan Metode CFD. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
04211545000010-Undergraduate-Theses.pdf - Accepted Version Download (3MB) | Preview |
Abstract
Jetski merupakan salah satu jenis tipe kapal yang dispesifikasikan memiliki kecepatan tinggi dimana kecepatan yang dimaksud bisa lebih dari 40 knot. Hal ini disebabkan karena kebutuhan dalam penggunaan kapal dengan kecepatan tinggi sangat banyak terutama untuk olah raga air, SAR dan kebutuhan militer. Untuk bisa mencapai kecepatan yang di inginkan maka perlu adanya sistem propulsi yang mumpuni untuk mencapai kecepatan yang diinginkan dan sistem propulsi waterjet merupakan salah satu sistem propulsi yang mampu menjawab kebutuhan tersebut.
Dalam pengerjaan Tugas Akhir ini langakah pertama ialah mengumpulkan data tentang waterjet, jetski dan impeller setelah data yang di peroleh lengkap maka langkah selanjutnya adalah perancannan body jetski untuk di kalkulasi tahanananya sehingga dapat menjadi patokan dalam memlih mesin dan waterjet yang akan digunakan. Setelah mendapatakan mesin dan waterjet yang sesuai dengan jetski yang di rencanakan maka selanjutnya adalah melakukan tahap modifikasi blade dengan memvariasikan jumlah blade dari 3 sampai 7.
Dari rangkaian tahapan di atas dan setelah melakukakan uji simulasi menggunakan metode CFD maka dapat disimpulkan bahwa semakin banyak blade impeller maka flow rate nilainya akan semakin meningkat begitu juga dengan nilai dari effisiensi dan head semakin banyak blade impeller maka semakin tinggi pula nilai effisiensi dan headnya. Akan tetapi terjadi penurunan nilai flow rate, effisiensi dan head setelah blade 6 disebabkan kerapatan pada daun impeller blade 7. Hal ini berbanding terbalik pada daya yang di butuhkan impeller dimana semakin banyak blade impellernya maka semakin kecil daya yang di butuhkan hal ini di buktikan pada blade 6 dengan nilai daya 27,98 kW
=======================================================================================================
Jetski is one type of ship that is specified to have high speed more than 40 knots. This is due to the need for high speed vessel usage especially for water sports, SAR and military. In order to achieve the desired speed it is necessary to have a qualified propulsion system to achieve the desired speed and the waterjet propulsion system is one of the propulsion systems that can answer those needs.
In this final project, the first step is to collect data about waterjet, jetski and impeller after the data obtained complete then the next step is to plan body jetski body for the calculation of the resistance so it can be a benchmark in choosing the machine and waterjet to be used. After getting the machine and waterjet in accordance with the jetski in the plan then the next is to stage the blade modification by varying the number of blades from 3 to 7.
From the series of stages above and after conducting the simulation test using CFD method it can be concluded that the more blade impeller then the flow rate value will increase as well as the value of the efficiency and head the more blade impeller the higher the efficiency and headnya value. However, there is a decrease in flow rate, efficiency and head after blade 6 due to the density of impeller blade 7. This is inversely proportional to the power required in the impeller where the more blade impellers, the smaller the power required it is proved in the blade 6 with a power rating of 27.98 kW
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | RSSP 623.873 Faz s-1 3100018074642 |
Uncontrolled Keywords: | Jetski, Waterjet, Blade impeller |
Subjects: | V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM731 Marine Engines V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM773 Ship propulsion, Electric |
Divisions: | Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Fazlurrohman Da'i Rusdiani |
Date Deposited: | 26 Mar 2018 01:34 |
Last Modified: | 20 Jul 2020 05:02 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/50086 |
Actions (login required)
View Item |