Analisa Pengaruh Penggunaan Biodiesel Biji Kapuk (Ceiba Pentandra) terhadap Proses Pembakaran dan Kadar Emisi NOx pada Mesin Diesel Satu Silinder

Hadi, Gage Cendekiaji (2018) Analisa Pengaruh Penggunaan Biodiesel Biji Kapuk (Ceiba Pentandra) terhadap Proses Pembakaran dan Kadar Emisi NOx pada Mesin Diesel Satu Silinder. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of Laporan Tugas Akhir_Gage Cendekiaji Hadi_04211340000100_revised.pdf]
Preview
Text
Laporan Tugas Akhir_Gage Cendekiaji Hadi_04211340000100_revised.pdf - Accepted Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Krisis dunia dari ketersediaan bahan bakar fosil mendorong pengembangan untuk mengeksplorasi energi alternatif yang memungkinkan untuk menggantikan penggunaan bahan bakar fosil. Penggunaan biodiesel dengan menggunakan minyak nabati dan lemak hewani diupayakan semaksimal mungkin untuk menjaga keberlanjutannya. Minyak biji kapuk (ceiba pentandra) merupakan salah satu alternatif yang bisa dijadikan pengganti bahan bakar. Ada empat keuntungan menggunakan minyak biji kapas sebagai bahan bakar pengganti yaitu: menghasilkan polutan tingkat rendah, ketersediaan terjamin, dapat digunakan untuk mesin diesel dengan sedikit atau tanpa modifikasi dan pada campuran tertentu dapat meningkatkan pelumasan mesin yang harus meningkatkan umur mesin. Penelitian dilakukan melalui uji pembakaran dan uji emisi NOx mesin diesel YANMAR TF85-MH menggunakan biodiesel minyak biji kapuk dengan campuran B30, B20 yang dibandingkan dengan menggunakan mesin diesel YANMAR TF85-MH. Dari hasil uji Pembakaran, ditunjukkan bahwa penggunaan minyak biji kapuk memberikan maximum pressure lebih rendah, ignition delay yang lebih pendek, nilai heat release rate yang lebih rendah dan potensi knocking yang lebih rendah daripada penggunaan bahan bakar fosil pada mesin yang sama. Selain itu, emisi NOx biodiesel biji kapuk memiliki nilai lebih rendah dari pada bahan bakar diesel fosil. Penambahan persentase biji kapas biodiesel ke dalam bahan bakar memberikan emisi NOx yang lebih rendah namun memberikan potensi knocking yang lebih tinggi

=======================================================================================================

The world crisis of fossil fuel availability encourages the development to explore alternative energy which is possible to replace of fossil fuel use. The use of biodiesel by using plant oil and animal fats is strived to the maximum extent possible, in order to maintain its sustainability. Cotton seed oil (ceiba pentandra) is one alternative that can be used as a replacement fuel. There are four advantages of using cotton seed oil as a substitute fuel which are: produce a low level of pollutant, guaranteed availability, can be used for diesel engines with little or no modification and in certain mixes can incrase engine lubrication that should incrase engine life. The research was conducted through combustion performance and NOx emission test of YANMAR TF85-MH diesel engine using cotton seed oil biodiesel with mixture of B30, B20 which has be compared with using YANMAR TF85-MH diesel engine. From the results of combustion test, it showed that the using of cotton seed oil give lower maximum pressure, shorter ignition delay, lower heat release rate value and lower potention of knocking than fossil diesel fuel use on the same engine. Beside of that, the NOx emission of cotton seed oil has lower value than fossil diesel fuel. The addition of biodiesel cotton seed percentage into the fuel provide lower NOx emission but it provide the higher knocking potention

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSSP 623.872 36 Had a-1 3100018074638
Uncontrolled Keywords: Biodiesel, Cotton Seed (ceiba pentandra), Combustion Process, Emission, NOx, Diesel Engine, Renewable Fuel
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering > TD883.5 Air--Pollution
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ785 Internal combustion engines. Spark ignition
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Gage Cendekiaji Hadi
Date Deposited: 19 Mar 2018 03:31
Last Modified: 17 Jul 2020 09:50
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/50121

Actions (login required)

View Item View Item