Analisis Tekno Ekonomi Penggunaan Motor DC Penguat Terpisah Sebagai Penggerak Utama Kapal Dan Sistem Pembangkit Listrik Hybrid (Sel Surya Dan Diesel Generator) Pada Perencanaan Kapal Tanker 1700 DWT

Nugroho, Muhammad Adi (2017) Analisis Tekno Ekonomi Penggunaan Motor DC Penguat Terpisah Sebagai Penggerak Utama Kapal Dan Sistem Pembangkit Listrik Hybrid (Sel Surya Dan Diesel Generator) Pada Perencanaan Kapal Tanker 1700 DWT. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
04211340000066-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penggunaan motor dc penguat terpisah sebagai prime mover kapal dan sistem hybrid (sel surya dan diesel generator) masih jarang dipakai di Indonesia khususnya pada kapal tanker karena pada kapal tanker kebanyakan menggunakan sistem yang lama atau sistem konvensional. Sistem baru yang dimaksud adalah penggunaan motor dc dan sistem pembangkit listrik hybrid. Sistem baru ini berfungsi untuk pengembangan teknologi pada kapal tanker agar terciptanya kondisi yang dapat mengurangi konsumsi bahan bakar yang dapat menyebabkan pemanasan global. Sistem baru juga sangat bermanfaat memaksimalkan panasnya sinar matahari yang ada di Indonesia karena sinar matahari pada sistem konvensional yang jarang digunakan. Jadi pada sistem baru ini potensi sinar matahari dapat dimaksimalkan dengan baik karena adanya sel surya yang terpasang di kapal tanker ini. Pada tugas akhir ini akan membahas tentang analisa tekno dan ekonomi pada penggunaan motor dc dan sistem pembangkit listrik hybrid. Analisa ini juga akan menghitung pada sistem propulsi konvensional, sistem propulsi elektrik, sistem pembangkit listrik. Perhitungan tersebut diantaranya biaya awal, biaya konsumsi bahan bakar, dan biaya operasional pada sistem konvensional dan sistem baru. Hasil analisa yang didapatkan pada penggunaan motor dc dan sistem pembangkit listrik hybrid akan mempengaruhi konsumsi penghematan bahan bakar. Hasil yang didapat pada penghematan konsumsi bahan bakar adalah 5 % per tahun. Analisa break even point pada penelitian ini menyatakan bahwa perpotongan antara sistem konvensional dan sistem baru dalam kondisi sama pada biaya Rp. 82.000.000.000 ditahun ke 6 ============== The use of separate excited of dc motors as prime mover and hybrid systems (solar cells and diesel generators) is still rarely used in Indonesia, especially on tankers, because most tankers use old or conventional systems. The new system is using dc motor and hybrid power generation system. This new system used as technology development on tanker to create conditions where the fuel consumption can be reduced which can cause global warming. The new system is also very useful to maximize the heat of sun light in Indonesia, because it rarely used on conventional systems. So, in this new system, the potential of sun light can be maximized, because of the solar cells installed on this tanker. This final project will discuss about techno and economic analysis of using dc motor and hybrid power generation system. This analysis will also calculating the conventional propulsion systems, electrical propulsion systems, and power generation systems. The calculations include initial costs, fuel consumption costs, and operating costs on conventional systems and new systems. The results of analysis when using dc motor and hybrid power plant system will affect the savings of fuel consumption. The results obtained on the savings of fuel consumption is 5 % per year. The analysis of break even point in this study states that the intersection between conventional system and new system in the same condition at the cost of Rp. 82.000.000.000 in the 6th year.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: motor dc penguat terpisah; propulsi elektrik; diesel generator; panel surya; sistem hybrid; separately excited dc motors; electric propulsion; diesel generator; solar cell; hybrid system
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL221.5 Hybrid Vehicles. Hybrid cars
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM773 Ship propulsion, Electric
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Muhammad Adi Nugroho
Date Deposited: 21 Mar 2018 03:42
Last Modified: 21 Mar 2018 03:42
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/50122

Actions (login required)

View Item View Item