Pengoptimalan Jumlah Karyawan Sesuai Beban Kerja Menggunakan Metode Work Sampling Dan Nasa-TLX (Studi Kasus: Teknik Informatika Dan Sistem Informasi ITS)

Hermawan, Dwi Cahya Syamsul (2018) Pengoptimalan Jumlah Karyawan Sesuai Beban Kerja Menggunakan Metode Work Sampling Dan Nasa-TLX (Studi Kasus: Teknik Informatika Dan Sistem Informasi ITS). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 02411340000181_Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
02411340000181_Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Departemen Teknik Informatika dan Departemen Sistem Informasi ITS merupakan program studi yang banyak diminati oleh kalangan calon mahasiswa. Departemen Teknik Informatika mempunyai peminat terbanyak setiap tahunnya. Keberhasilan sebuah Departemen dalam mendapatkan penilaian yang baik dari Kementerian Riset dan Teknologi harus didukung dengan adanya kinerja yang optimal dari dosen dan karyawan. Penelitian ini dilakukan khusus untuk mendapatkan beban kerja yang optimal pada karyawan kedua departemen tersebut. Penelitian dimulai dari identifikasi job description yang ada dan identifikasi jumlah karyawan pada Departemen Teknik Informatikka dan Departemen Sistem Informasi ITS. Kemudian dilakukan pengamatan beban kerja yang diterima oleh karyawan menggunakan metode work sampling dan NASA-TLX. Work sampling yakni untuk mengukur beban kerja fisik, sedangkan NASA-TLX untuk mengukur beban kerja mental pada karyawan. Hasil dari penelitian ini menghasilkan beban kerja per jabatan, rekomendasi beban kerja, dan juga rekomendasi jumlah karyawan yang optimal pada jabatan yang ada di kedua departemen tersebut. Setelah dilakukan pengolahan data maka dihasilkan beban kerja sebesar 0,518 pada jabatan pengadministrasi kemahasiswaan dengan satu orang karyawan pada Departemen Teknik Informatika. Pada Departemen Sistem Informasi dihasilkan beban kerja sebesar 0,777 untuk jabatan teknisi lab dan studio dengan dua orang karyawan. Hasil perhitungan beban kerja pada kedua departemen tersebut adalah hasil yang telah direkomendasi. Hal tersebut dilakukan guna mendapatkan beban kerja yang optimal.

========================================================================================================

Informatics Engineering and Information System Departement are most likely to be chosen departement on ITS by freshmen intake. Most of the highschool student choose Informatics Engineering for their admission each year. Departement success on getting high score given by Ministry of Research and Technology should be supported by optimal works of the lecturer and employee itself. This research to be done specifically to get optimal workload for both employee and lecturer of the both departements. Started from job description identification and worker numbers identification on each of the departements. After doing identification, this process continued by observation of workload analysis using work sampling and NASA-TLX methods. Work sampling method done in purpose to measure physical workload, and NASA-TLX to measure mental workload on the employee. The result of this research is to give information for both departement about work load of each employee, work load recommendation, and optimal employee numbers on each level. After data processing, it is concluded that Informatincs Engineering student administration employee have workload on 0.518 and Information System Departement have estimated workload results on 0.777 for laboran and studio employee with two personnel. Results of workload calculation on both departement is the recommended one. This method used to earn optimal workload for each of the employee.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSI 658.306 Her p-1 RSI 658.306 Her p-1
Uncontrolled Keywords: Full Time Equivalent, Indeks Beban Kerja, Job Description, NASA-TLX, Work Sampling
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.62 Decision support systems
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Industrial Engineering > 26201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Dwi Cahya Syamsul Hermawan
Date Deposited: 26 Mar 2018 02:55
Last Modified: 20 Jul 2020 05:25
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/50132

Actions (login required)

View Item View Item