Caraka, Eka Satya Adi (2018) Perencanaan Sistem Propulsi yang Optimal untuk Operasional Kapal RORO BARGE. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
04211546000005-Undergraduate_Theses.compressed.pdf - Accepted Version Download (4MB) | Preview |
Abstract
Perencanaan sistem propulsi merupakan proses dari perencanaan desain yang penting. Oleh karena itu, perlu dilakukan suatu studi analisa perencanaan sistem propulsi untuk mengetahui sistem propulsi yang optimal dalam operasional kapal ditinjau dari aspek analisa teknik dan analisa ekonomis. Proyek perencanaan pembangunan kapal RoRo Barge ini memiliki dua perencanaan yang akan ditinjau, yaitu perencanaan kapal RoRo Barge dengan sistem propulsi menggunakan 1 mesin utama dan perencanaan kapal RoRo Barge dengan sistem propulsi menggunakan 2 mesin utama pada bagian sisi badan kapal yang berbeda.
Tujuan dari penelitian ini yaitu, untuk mendapatkan perencanaan sistem propulsi yang optimal untuk operasional pada Kapal RoRo Barge berdasarkan pilihan perencanaan yang sudah dibuat, berupa analisa teknik perhitungan tahanan kapal, besar daya (power) mesin utama yang dibutuhkan dan analisa ekonomis life cycle costing (LCC) untuk mengetahui besar nilai investasi yang dibutuhkan, biaya operasional kapal saat beroperasi dan biaya pemeliharaan yang dibutuhkan selama masa kerja kapal sampai selesai dalam kurun waktu 30 tahun.
Dari hasil penelitian didapatkan nilai tahanan kapal 12.3 kN, besar daya (power) mesin utama kapal 197 HP 147 Kw dan 112 HP 84 kW, propeller yang dipilih adalah tipe B3-35 dengan 3 daun propeller dan B4-85 dengan 4 daun propeller hasil analisa teknik. Besar nilai investasi pada perencanaan sistem propulsi dengan 1 mesin utama Rp.563.000.000,00 dan nilai investasi pada perencanaan sistem propulsi dengan 2 mesin utama Rp.837.000.000,00. Biaya operasional kapal saat beroperasi pada perencanaan sistem propulsi dengan 2 mesin utama Rp.412.344.000,00/ tahun dan pada perencanaan sistem propulsi dengan 1 mesin utama Rp.329.875.200.00/tahun dengan selisih biaya operasional kapal selama 30 tahun Rp. 3.412.512.282,56 (penambahan kenaikan biaya 2%/tahun). Biaya pemeliharaan sampai tahun ke-30 untuk perencanaan sistem propulsi dengan 1 mesin utama Rp.1.504.486.019,76 dan pada perencanaan sistem propulsi dengan 2 mesin utama Rp.2.668.972.039,36. Total nilai present value 2 engine Rp.9.963.776.563,30 dan total nilai present value 1 engine Rp.5.303.320.279,22.
==========================================================================================================
Propulsion system planning is a process of important design planning. Therefore, it is necessary to conduct a study of propulsion system planning to determine the optimal propulsion system in ship operation in terms of technical analysis and economic analysis. The RoRo Barge shipbuilding development project has two plans to be reviewed: RoRo Barge ship planning with propulsion system using 1 main engine and RoRo Barge ship planning with propulsion system using 2 main engines on different sides of the ship.
The purpose of this research is to get optimal propulsion system planning for operational on RoRo Barge ship based on the planning choice that has been made, in the form of engineering analysis of ship prisoner calculation, the main power needed and economic analysis of life cycle costing (LCC ) to know the value of the required investment, the operational cost of the ship in operation and the maintenance cost required during the ship's work to complete within 30 years.
This research was conducted, the ship resistance value was 12.3 kN, the main power of main engine ship was 197 HP 147 Kw and 112 HP 84 kW, the selected propeller was B3-35 type with 3 propellers and B4-85 with 4 propellers leaves the result of technical analysis. The investment value in propulsion system planning with 1 main engine was Rp.563.000.000,00 and investment value in planning of propulsion system with 2 main machine was Rp.837.000.000,00. Operating cost of ships when operating on propulsion system planning with 2 main engine was Rp.412.344.000,00 / year and on propulsion system planning with 1 main engines was Rp.329.875.200.00 / year with the difference in ship operating costs for 30 years Rp.3.412.512.826,56 (incremental cost increase of 2% / year). Maintenance cost up to 30th year for propulsion system planning with 1 main engine was Rp.1.504.486.019,76 and on propulsion system planning with 2 main engines was Rp.2.668.972.039,36. Total present value for 2 engine is Rp.9.963.776.563,30 and total present value for 1 engine is Rp.5.303.320.279,22
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | RSSP 623.875 Car p-1 3100018074637 |
Uncontrolled Keywords: | kapal RoRo Barge, tahanan kapal, sistem propulsi, life cycle costing, Ship resistance, Propulsion system, life cycle costing |
Subjects: | V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM773 Ship propulsion, Electric |
Divisions: | Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Caraka Eka Satya Adi |
Date Deposited: | 07 Feb 2018 07:26 |
Last Modified: | 27 Mar 2020 23:28 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/50162 |
Actions (login required)
View Item |