Pinto, Francisco (2018) Analisa Pengaruh Angka Iodin Terhadap Emisi NOx Pada Motor Diesel Dengan Bahan Bakar Biodiesel Dari Waste Cooking Oil Dengan Standar IMO TIER III. Masters thesis, ITS.
Preview |
Text
04111550048001-Master_Thesis.pdf - Accepted Version Download (2MB) | Preview |
Abstract
Permasalahan global yang dihadapi dunia dewasa ini adalah semakin menipisnya cadangan bahan bakar yang berbahan baku dari fosil disamping dampak negatif yang ditimbulkan dari penggunaan bahan bakar berbahan baku dari fosil tersebut. Hal ini menjadi dasar untuk mencari bahan bakar alternatif yang salah satunya adalah biodiesel. Bahan baku biodiesel bemacam-macam salah satunya adalah waste cooking oil (WCO). WCO merupakan minyak limbah yang berasal dari jenis minyak goreng. Salah satu properties dari biodiesel adalah angka iodin yang mencerminkan ketidakjenuhan asam lemak penyusun minyak dan lemak. Untuk mengendalikan emisi NOX terutama pada motor diesel yang digunakan sebagai penggerak utama kendaraan di bidang maritim, maka Intenational Maritime Organization (IMO) membuat regulasi yang disebut MARPOL annex VI TIER III. Penelitian ini difokuskan pada nilai angka iodin pada biodiesel (WCO) dan pengaruhnya terhadap performa engine dan emisi khusunya NOx yang dihasilkan oleh motor diesel yang kemudian dikomparasikan dengan standar emisi NOx pada IMO TIER III. Dalam penelitian ini menggunakan metode berbasis eksperimen, dengan memvariasikan angka iodin dan variasi komposisi biodiesel dari WCO (B0, B20, dan B30). Pengujian emisi menggunakan gas analyzer untuk mendapatkan nilai NOx. Bahan bakar yang akan digunakan dalam eksperimen ini solar dex dan biodiesel dari WCO yang berbeda kandungan iodinnya. Dari hasil pengujian diperoleh kesimpulan bahwa angka iodin tidak mempengaruhi daya, torsi, dan BMEP namun mempengaruhi SFOC dan efisiensi thermal pada tingkat beban dan putaran tertentu. Angka iodin mempengaruhi emisi yang dihasilkan oleh engine. Semua jenis campuran biodiesel tidak memenuhi standar emisi NOx yang ditetapkan oleh IMO TIER III karena berada diatas ambang batas yang ditetapkan.
=======================================================================================================
Global problem in the world today is depletion of fuel reserves from fossils and its negative
impacts of fossil fuel such as environment influences. This is the base for finding alternative fuels that one of them is biodiesel. There are several kinds of raw materials of biodiesel one of them is waste cooking oil (WCO). WCO is
waste oil derived from the type of cooking oil. One of the properties of biodiesel is the iodine number that reflects the unsaturation of fatty acids that make up oil and fat. To control NOX emissions, notably on diesel engine used as the main propulsion in the marine
field, that the International Maritime Organization (IMO)
established a regulation called MARPOL annex VI TIER
III. This research is focused on the value of iodine number on biodiesel (WCO) and its effect on engine performance and emission especially NOX generated by diesel engine then compared with NOx emission standard on IMO TIER III. This study is using experiment-based method, by varying the iodine number and variation of biodiesel composition of WCO (B0, B20, and B30). Emission
test using gas analyzer to get NOx value. The fuel to be used in this experiment is solar dex and biodiesel from WCO with different iodine content. From the test results it can be concluded that the iodine number does not affect for power, torque, and BMEP but affects for
SFOC and thermal efficiency at certain load and speeds levels. The iodine number affects for emissions generat
ed by the engine. All types of biodiesel blends
are not complied the NOx emission standard required
by IMO TIER III because they are above a set threshold.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | RSKe 623.872 36 Pin a-1 3100018074661 |
Uncontrolled Keywords: | Performa; Biodiesel; Waste Cooking Oil; Angka Iodin; Emisi; NOx. ; Diesel Engine; Performance; Biodiesel; Waste Cooking Oil; Iodine Number; Emission. Diesel Engine |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ324.5 Fuel systems T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ799 Diesel motor--Electronic control. V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM731 Marine Engines |
Divisions: | Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36101-(S2) Master Theses |
Depositing User: | Francisco Pinto |
Date Deposited: | 19 Mar 2018 03:28 |
Last Modified: | 30 Jul 2020 06:56 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/50180 |
Actions (login required)
View Item |