Analisis Strategi Bisnis Usaha Kecil Menengah dalam Menghadapi Persaingan Industri Kuliner dengan Metode Quantitative Strategy Planning Matrix (Studi Kasus: Usaha Kuliner Pentol Buto)

Izzah, Maulidiyatul (2018) Analisis Strategi Bisnis Usaha Kecil Menengah dalam Menghadapi Persaingan Industri Kuliner dengan Metode Quantitative Strategy Planning Matrix (Studi Kasus: Usaha Kuliner Pentol Buto). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 02411340000076_undergraduate_theses.pdf]
Preview
Text
02411340000076_undergraduate_theses.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pentol Buto merupakan merek dagang milik UD Berkah Usasha Sucipto. Untuk memudahkan konsumen dalam menjangkau produk, Pentol Buto berfokus pada ekspansi outlet. Saat ini Pentol Buto mempunyai 50 outlet yang ada di Gresik, Surabaya, Sidoarjo, dan Malang. Masalah yang kemudian muncul adalah bervariasinya omset penjualan antar outlet yang disebabkan oleh beberapa faktor. Oleh karena itu pada penelitian ini dilakukan perumusan strategi bisnis untuk meningkatkan omset penjualan. Ada lima tahapan yang dilakukan untuk merumuskan strategi. Langkah pertama adalah menganalisis lingkungan eksternal dengan model PEST (Politik, Ekonomi, Sosial, dan Teknologi) dan model five forces porter, serta lingkungan internal dengan pendekatan bauran pemasaran 7P (product, price, place, promotion, process, physical evidence, dan people) dan 4M (man power, machine, method, material). Langkah kedua yaitu membuat matrik IFE dan EFE dengan cara menentukan nilai dari bobot dan peringkat pada lingkungan eksternal dan internal perusahaan. Langkah ketiga adalah membuat grafik pada matrik SWOT dengan cara meletakkan nilai IFE pada sumbu X dan nilai EFE pada sumbu Y untuk ditarik titik temunya. Pada penelitian ini titik temu berada di kuadran I dimana perusahaan sebaiknya menggunakan strategi SO (Strength-opportunity). Langkah keempat yaitu menentukan strategi dari beberapa strategi SO menggunakan metode QSPM. Strategi yang terpilih adalah menggunakan sistem informasi untuk meningkatkan manajemen pengetahuan pelanggan dan membuat klaster bisnis outlet sebagai alternatif lainnya. Langkah kelima adalah membuat strategi teknis. Penggunaan sistem informasi dilakukan dengan pembuatan konten menarik pada website untuk meningkatkan branding perusahaan dan pembuatan klaster outlet dilakukan dengan K-means cluster analysis yang mengkategorikan outlet termasuk klaster yang mana. Setiap klaster outlet memiliki strategi yang berbeda.
=========================================================================================================
Pentol Buto is the trade mark of UD Berkah Usaha Sucipto. To facilitate the consumers to get the product, Pentol Buto focus on expansion the outlets. Nowadays, Pentol Buto has 50 outlets in Gresik, Surabaya, Sidoarjo, and Malang. The problem that exists is variation of the selling between one outlet and others because of some factors. So in this research will be formulated the busniness strategy to increase the selling. There are five steps to formulate the strategy. The first is analyzing external scope by PEST model and five forces porter model, and internal scope by 7P (product, price, place, promotion, process, physical evidence, dan people) and 4P (man power, machine, method, material) marketing mix approach. The second is making IFE and EFE matrix by definiting the point value from weight and range in the external and internal scope. The third is making graph in SWOT matrix by being the point value of IFE to X-axis and point value of EFE to Y-axis to get the meeting point. In this research, the meeting point is in the first kuadran which is company better to uses SO (strength-opportunity) strategy. The fourth is definiting strategy from some strategies of SO by QSPM method. The choosen strategy are using information system to increase consumers knowledge management and making business cluster of outlet as the other alternative. The fifth is making technical strategy. Using of information system is doing by making interesting contents of website to increase the company’s branding and making outlet cluster is doing by making K-means cluster analysis that is categorized which cluster of the outlet. Every outlet cluster has different strategies.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSI 658.403 Izz a-1 3100018074814
Uncontrolled Keywords: Five forces porter; Kluster K-means; PEST; QSPM; SWOT
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.28 Planning. Business planning. Strategic planning.
Q Science > QA Mathematics > QA278 Cluster Analysis. Multivariate analysis. Correspondence analysis (Statistics)
T Technology > T Technology (General) > T58.62 Decision support systems
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Industrial Engineering > 26201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Maulidiyatul Izzah
Date Deposited: 23 Jan 2018 07:59
Last Modified: 21 Sep 2020 05:44
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/50193

Actions (login required)

View Item View Item