Penerapan Algoritma Particles Swarm Optimization Dalam Penyelesaian Gate Assignment Problem (Stusi Kasus : Bandara Soekarno-Hatta)

Febriyanto, Hendrik (2018) Penerapan Algoritma Particles Swarm Optimization Dalam Penyelesaian Gate Assignment Problem (Stusi Kasus : Bandara Soekarno-Hatta). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
0241124000061-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Gate Assignment bertujuan untuk menetapkan flight yang ada pada gate yang tersedia sehingga mampu meminimalkan ketidaknyamanan penumpang dan biaya operasional bandara serta maskapai penerbangan. Gate Assignment Problem (GAP) dapat didefinisikan sebagai penetapan penugasan dari flight yang ada menuju gate yang tersedia dengan mengoptimalkan berbagai ukuran performansi yang menjadi batasan. Sebagian besar, fungsi tujuannya adalah meminimalisasi total jarak penumpang berjalan kaki atau yang disebut total passenger walking distance. Hal yang perlu diperhatikan dalam permasalahan ini merupakan jumlah penumpang yang melakukan penerbangan transit, jumlah penumpang yang tiba dan jumlah penumpang yang berangkat, jarak antar gate dan jarak antara gate dengan arrival dan departure hall. Dalam penelitian ini untuk mencari total passenger walking distance digunakan algoritma Particle Swarm Optimization (PSO). PSO didasarkan pada perilaku sebuah kawanan burung atau ikan, dimana setiap individu atau partikel berperilaku dengan cara menggunakan kecerdasannya sendiri dan juga dipengaruhi perilaku kelompok kolektifnya. Alasan lain mengapa PSO layak diterapkan pada berbagai permasalahan adalah bahwa terdapat beberapa parameter yang dapat disesuaikan. Satu versi, dengan sedikit variasi, bekerja dengan baik dalam berbagai macam aplikasi. Hasil akhir dari penelitian ini adalah didapatkan total passenger walking distance sebesar 21339 kilometer dengan 1000 iterasi yang berjalan selama sekitar 6 detik. Dengan waktu komputasi yang relatif singkat didapatkan solusi yang feasible menjadi tolak ukur bahwa PSO dapat digunakan dalam menyelesaikan GAP.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Gate Assignment; passenger walking distance; Particles Swarm Optimization
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE311.I4 Urban transportation
Q Science > QA Mathematics > QA76.9 Computer algorithms.
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Industrial Engineering > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: Hendrik Febriyanto
Date Deposited: 23 Jan 2018 07:32
Last Modified: 23 Jan 2018 07:32
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/50196

Actions (login required)

View Item View Item