Studi Kelayakan Ekonomi Pembangunan Flyover Perlintasan Jalan Raya Dan Rel Kereta Api Di Jalan Raya Gresik - Babat Lamongan

Pranata, Ardi (2018) Studi Kelayakan Ekonomi Pembangunan Flyover Perlintasan Jalan Raya Dan Rel Kereta Api Di Jalan Raya Gresik - Babat Lamongan. Undergraduate thesis, Instut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3113100115-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
3113100115-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kemacetan pada ruas jalan raya Gresik – Babat Lamongan ini sudah menjadi hal wajar karena jalan ini merupakan jalan penghubung antara Kabupaten Lamongan dengan Gresik. Penyebab dari kemacetan adalah pada perlintasan rel kereta api. Untuk mengatasi masalah ini maka perlu dibangunnya jalan layang atau Flyover untuk mengurangi kemacetan terutama pada saat kereta api melintas. Studi kelayakan ini membandingan biaya pengguna jalan (User Cost), membandingkan volume kendaraan, dan membandingkan derajat kejenuhan (DJ) sebelum dan sesudah dibangunnya jalan layang (Flyover) tersebut. Sementara studi kelayakan ekonomi ini ditinjau dari parameter BCR (rasio nilai sekarang manfaat dengan biaya) dan NPV (selisih nilai sekarang dengan manfaat biaya) dari konstruksi Flyover jalan raya Gresik – Babat Lamongan, dan metode yang digunakan untuk analisis biaya operasional kendaraan (BOK) ini menggunakan Metode Jasa Marga dan Metode Clarkson H. Oglesby & R. Gary Hicks. Analisis kelayakan Flyover ini mengacu pada Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI), dan untuk mengumpulan datanya dapat dilakukan survey traffic counting. Dengan pembangunan jalan laying Flyover ini didapatkan hasil dari derajat kejenuhan yang menurun sekitar 0.1 pada setiap titik, hal ini tidak dikatakan layak dari segi lalu lintasnya, sedangkan dari segi kelayakan ekonomi BCR sebesar 7.80 > 1 untuk titik A dan 7.87 > 1 untuk titik B dan NPV Titik A Rp. 835,760,280,514 > 0 dan Titik B Rp. 825,715,398,110 > 0. Maka pembangunan jalan layang Flyover ini dikatakan layak secara ekonomi.

=============================================================================================================

Congestion at toll highways Gresik – Babat Lamongan is already a reasonable thing because this path is the path of the liaison between Lamongan with Gresik. The cause of the congestion was crossing the railway line. To resolve this issue it is necessary to build a overpass or Flyover to reduce the traffic congestion especially during railway travel. This appeal feasibility study costs road users (User Cost), comparing the volume of the vehicle, and compare the degree of saturation (DJ) before and after the founding of overpass (Flyover). While this economic feasibility study of the parameters of the BCR (ratio of the present value of benefits and costs) and NPV (difference between the present value of the benefits with the costs) of the construction of a Flyover Highway Gresik – Tripe Lamongan, and methods used to analysis of vehicle operating costs (BOK) is using the method of Jasa Marga and Clarkson h. Oglesby& r. Gary Hicks. Analysis of the feasibility of this Flyover road capacity Guidelines referring to the Indonesia (PKJI), and to collect its data can be carried out surveys of traffic counting. With the construction of the road laying this Flyover obtained result of the degree of saturation decreases approximately 0.1 at any point, it is not said to be feasible in terms of traffic, while in terms of the economic feasibility of BCR 7.80 > 1 for point A and 7.87 > 1 to point B and point A NPV of Rp. 835,760,280,514 > 0 and point B Rp. 825,715,398,110> 0. Then the construction of the road laying Flyover is said to be economically viable.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSS 624.2 Pra s-1 3100018075004
Uncontrolled Keywords: Flyover, Kemacetan, Jalan Sebidang, Studi kelayakan, Perlintasan Rel Kereta
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Ardi Pranata
Date Deposited: 27 Mar 2018 03:29
Last Modified: 06 Aug 2020 04:44
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/50280

Actions (login required)

View Item View Item