Estimasi Panjang Antrean Kendaraan pada Persimpangan Jalan Raya dengan Sensor Kamera Menggunakan Metode Queue Length Estimation

Kuncoro, Dwi (2018) Estimasi Panjang Antrean Kendaraan pada Persimpangan Jalan Raya dengan Sensor Kamera Menggunakan Metode Queue Length Estimation. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 07110940000198-undergraduate_theses.pdf]
Preview
Text
07110940000198-undergraduate_theses.pdf - Accepted Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kemacetan lalu-lintas merupakan salah satu masalah yang banyak terjadi di kota-kota besar, khususnya di persimpangan yang dekat dengan pusat keramaian seperti kawasan industri, perkantoran, sekolah, dan sebagainya. Adanya pusat-pusat keramaian tersebut menyebabkan sebagian ruas jalan memiliki kepadatan yang tinggi, sedangkan ruas yang lain memiliki kepadatan yang rendah. Sementara itu, sistem lampu lalu-lintas yang ada masih menggunakan sistem pewaktuan yang tidak adaptif sehingga terjadi ketidakseimbangan antrean kendaraan pada persimpangan tersebut. Masalah ini dapat dikurangi, misalnya dengan menerapkan sistem Smart Traffic Light menggunakan traffic IP camera. Pendekatan yang digunakan adalah menghitung panjang antrean kendaraan di tiap ruas jalan pada saat lampu merah menyala, menggunakan metode queue length estimation. Kemudian hasil perhitungannya dapat digunakan untuk menentukan durasi lampu hijau untuk tiap ruas jalan pada siklus berikutnya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa metode queue length estimation dapat diterapkan untuk deteksi panjang antrean kendaraan, tetapi akurasinya belum cukup baik, sehingga diperlukan tambahan teknik lain agar hasil estimasinya lebih akurat.

==============================================================================================================

Traffic jam is one of the problems commonly happen in a big city, especially in a junction which is located near a crowded place, such as industrial area, office affair, school, etc. Those crowded places cause some roads have a high density, while the others have a low density. Meanwhile, the current traffic light system still use a non-adaptive timing system so that there is unbalanced vehicle queue among roads in the junction. It can be decreased by using Smart Traffic Light with traffic IP camera. The approach used in this case is calculating vehicle queue length in each road when the red light is on, using queue length estimation method. Then the result is used to calculate a time duration for green light on next cycle. The result shows that queue length estimation method can be used to detect vehicle queue length, but the accuracy is not good enough, therefore it requires additional techniques in order to get more accurate result.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSE 621.367 Kun e-1 3100018075092
Uncontrolled Keywords: smart traffic light, traffic IP camera, adaptive traffic light, queue length estimation
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK5105.546 Computer algorithms
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Electrical Engineering > 20201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Kuncoro Dwi
Date Deposited: 09 Apr 2018 03:14
Last Modified: 17 Sep 2020 06:10
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/50294

Actions (login required)

View Item View Item