Ramadhan, Nuzul Fathan (2018) Studi Karakteristik Pola Operasi Penangkapan Ikan Nelayan Tradisional: Studi Kasus Nelayan Kebumen dan Juwana. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
4413100001-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version Download (4MB) | Preview |
Abstract
Penangkapan ikan di Kabupaten Kebumen umumnya menggunakan kapal kecil, sehingga hasil tangkapan tidak maksimal bila dibandingkan dengan potensi yang ada. Tugas Akhir ini bertujuan untuk mencari kapal dengan ukuran yang paling optimum dilihat dari segi pendapatan buruh nelayan dan dari segi pemilik kapal dengan membandingkan pola operasi kapal nelayan tradisional di Kebumen dan di Juwana. Kapal yang menjadi alternatif pembanding adalah kapal nelayan tradisional dengan ukuran 5 GT, 10 GT, 15 GT, 20 GT, 30 GT , serta kapal ukuran 30 GT dengan freezer. Faktor – faktor yang mempengaruhi pendapatan nelayan adalah ukuran kapal, jumlah awak kapal, frekuensi melaut, serta harga jual ikan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kapal yang paling optimum dari segi buruh nelayan adalah kapal berukuran 30 GT dengan ruang muat menggunakan es sebagai pengawet ikan dan meningkatkan penghasilan nelayan menjadi Rp 4.008.802, sedangkan dari segi pemilik kapal, kapal yang paling layak diinvestasikan dengan prosentase pinjaman 50% modal pribadi dan 50% modal pinjaman dari bank, 20% modal pribadi 80% modal pinjaman dari bank, serta 100% modal pinjaman dari bank, adalah kapal dengan ukuran 30 GT dengan ruang muat es dengan masing – masing Profitability Indeks beruturut – turut sebesar 6,15; 5,35; serta 4,86 dengan titik impas berturut – turut pada tahun ke 3.
===============================================================================================================
Fishing in Kebumen generally uses small boats, so the catch is not maximal
compared to the potential.
This
F
inal
P
roject aims to find with the most optimum size
of
fishing vessel
in terms of fishermen
and
ship owners
income
by comparing the operation
pattern of traditional fishing boats in Kebumen and Juwana. The vessels
size
which
use for
comparison
are
5 GT, 10 GT, 15 GT, 20 GT, 30 GT, and the ship size 30 GT wi
th freezer.
Factors that influence fisherman's income are ship size, number of crew, frequency of going
out to sea, and selling price of fish. The result of this research
show that
the most optimum
size of
vessel in terms of fishermen is the
iced cargo hol
d
ship
with the
size of
30
GT
,
which
is the vessel using iced cargo hold. This will increase the income of fishermen to Rp
4.008.802. In terms of ship owners, the most worthy vessel invested using three scenarios
of equity and bank loans (
50%
-
50%, 20%
-
80%, and 0%
-
100%) is 30 GT size using iced
cargo hold with profitability indeks of 6,15; 5,35; and 4,86 respectively for each scenario.
All scenario have break event point period 3 years.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | RSTrL 387.540 42 Ram s-1 3100018074929 |
Uncontrolled Keywords: | Pola operasi, kapal ikan, pendapatan nelayan, profitability index |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE311.I4 Urban transportation H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE355 Traffic engineering |
Divisions: | Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Transportation Engineering > 21207-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Ramadhan Nuzul Fathan |
Date Deposited: | 03 Apr 2018 01:58 |
Last Modified: | 13 Aug 2020 08:20 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/50336 |
Actions (login required)
View Item |