Studi Perencanaan Coal Yard Section Dengan Dan Tanpa Adanya Perbaikan Tanah Pada Proyek PLTU Tanjung Jati A, Cirebon, Jawa Barat

Annajib, Farich Nawal (2018) Studi Perencanaan Coal Yard Section Dengan Dan Tanpa Adanya Perbaikan Tanah Pada Proyek PLTU Tanjung Jati A, Cirebon, Jawa Barat. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3113100093-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
3113100093-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version

Download (6MB) | Preview

Abstract

Pembangkit Listrik Tenaga Uap adalah pembangkit listrik yang mengandalkan energi kinetic dari uap. PLTU sangat bermanfaat karena pembangkit listrik ini lebih ekonomis dibandingkan pembangkit listrik lain. Selain itu, di Indonesia bahan untuk PLTU yaitu batubara masih sangat berlimpah sehingga tidak perlu import dari negara lain. Salah satu PLTU yang akan dibangun di Indonesia adalah PLTU Tanjung Jati A. Tanjung Jati A berada di Desa Kanci, Kecamatan Astanajapura, Cirebon, Jawa Barat. PLTU Tanjung Jati A direncanakan untuk menghasilkan tenaga listrik sebesar 2x660MW. Untuk menghasilkan tenaga listrik tersebut, perlu kurang lebih 5.300.000ton/tahun batubara. Batubara ini akan ditimbun pada salah satu section dari PLTU Tanjung Jati A yaitu Coal Yard Section. Tanah pada lokasi ini memiliki sifat seperti tanah lempung dan konsistensi tanah lunak yang kedalamannya bervariasi. Sistem lama untuk tanah dasar ini adalah perbaikan tanah dasar dan perkuatan stabilitas timbunan. Sedangkan sistem barunya adalah pemasangan counterweight disekeliling coal yard untuk mencegah kelongosoran timbunan batubara. Oleh karena itu, Tugas Akhir ini akan membahas studi perencanaan dengan sistem lama dan sistem baru pada Coal Yard PLTU Tanjung Jati A.
Data yang digunakan merupakan data dari GCU Consultants Sdn Bhd untuk merencanakan perbaikan tanah dasar dan timbunan pada sistem lama. Perencanaan perkuatan tanah yang digunakan adalah Preloading yang dikombinasikan dengan Prefebricated Vertical Drain. Sedangkan sistem baru menggunakan overlay setiap periode tertentu saat settlement terjadi untuk mengembalikan menjadi tinggi timbunan semula dan memasang counterweight disekeliling coal yard. Penulis mengharapkan agar studi perencanaan dengan dan tanpa perbaikan tanah ini dapat diterapkan dalam perencanaan pembangunan Coal Yard PLTU Tanjung Jati A.
Dari hasil perhitungan yang dilakukan, diketahui bahwa sistem yang digunakan adalah sistem tanpa perbaikan tanah.. Sedangkan pemilihan variasi luasannya adalah variasi 0,5 A sebagai variasi terkecil dalam Tugas Akhir ini karena merupakan sistem dan variasi luasan paling ekonomis.
=========================================================================== Steam power plant is a power plant that relies on the kinetic energy of steam. Steam power plant is very useful because the power plant is more economical than other power plants. In addition, in Indonesia the material for coal power plants is still very abundant so that no imports from other countries. One of the steam power plants to be built in Indonesia is Tanjung Jati power plant A. Tanjung Jati A is located in Kanci Village, Astanajapura Subdistrict, Cirebon, West Java. Tanjung Jati A Steam Power Plant is planned to produce 2x660MW of electric power. To generate such electricity, it will take approximately 5,300,000ton / year of coal. This coal will be stockpiled in one section of Tanjung Jati A Steam Power Plant namely Coal Yard Section. The soil at this location has properties such as clay soil and soft soil consistency varying in depth. Therefore, this Final Project will discuss the planning study with the old system and new system at Coal Yard of Tanjung Jati A Steam Power Plant.
The data used are data from GCU Consultants Sdn Bhd to plan the improvement of the ground and piles on the old system. Planning of reinforcement used is Preloading which is combined with Prefebricated Vertical Drain. While the new system uses overlay every certain period when settlement occurs to restore the height of the original pile and install counterweight around the coal yard. The authors expect that planning studies with and without soil improvements can be applied in the development planning of Coal Yard of Tanjung Jati A Steam Power Plant.
From the results of calculations performed, it is known that the system used is a system without improvement of the soil . While the selection of variation of the area is a variation of 0.5 A as the smallest variation in this Final Project because it is the system and the most economical variation area.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSS 624.151 363 Ann s-1 KPS 627.8 Ann p-1
Uncontrolled Keywords: Counterweight, Preloading, Prefebricated Vertical Drain, Konsolidasi
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA749 Soil stabilization
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Farich Nawal Annajib
Date Deposited: 27 Mar 2018 03:31
Last Modified: 06 Aug 2020 05:03
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/50361

Actions (login required)

View Item View Item