Cahyagi, Danang (2018) Redesain Sistem Distribusi Listrik Kapal dengan Topologi Zonal. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
04211650010005-Master_Thesis.pdf - Accepted Version Download (18MB) | Preview |
Abstract
Sistem distribusi zonal merupakan sistem yang dikembangkan oleh militer dan diterapkan pada kapal tempur. Secara praktis, sistem ini memiliki tiga ide mendasar yaitu penggunaan dua busbar utama (port bus dan starboard bus), zonasi beban, dan rekayasa pengaturan distribusi. Dengan mode tersebut, sekuritas daya, ketahanan, dan keandalan distribusi listrik dapat ditingkatkan secara signifikan. Pada thesis ini, kami memberikan prespektif yang berbeda dalam penerapan sistem distribusi zonal tersebut untuk menggantikan sistem distribusi eksisting yaitu sistem distribusi terpisah pada kapal non-militer. Adapun tujuan yang ingin dicapai adalah untuk mengetahui perbandingan sistem zonal dan sistem terpisah dalam proses perancangan sistem, performa distribusi, estimasi biaya investasi, dan manfaat yang akan dimanfaatkan. Studi yang digunakan untuk menguji coba performa distribusi adalah dengan studi aliran daya. Metode studi aliran daya yang digunakan adalah metode network topology based. Dari penerapan studi aliran daya didapatkan bahwa sistem zonal mampu mendistribusikan daya lebih baik dengan tegangan suplai pada beban berada pada 378 V (99,38%) dibandingkan dengan radial 375 V (98,68%). Sistem zonal mampu mereduksi jumlah kabel yang digunakan sehingga dalam totalnya mengurangi biaya investasi sistem (7%). Pada analisis biaya investasi dan operasional, sistem radial dan zonal propulsi mekanis memiliki nilai yang hampir sama karena hanya dibedakan dari selisih investasi 17 juta rupiah. Sedangkan zonal dengan sistem elektris mampu memberikan penghematan lebih efektif akibat dari fleksibilitas penggunaan dayanya Sistem zonal akan lebih memberikan manfaat penghematan biaya operasional apabila juga menerapkan sistem propulsi elektris. Penghematan yang didapatkan pada tahun ke 15 adalah 12 miliar rupiah, dan tahun ke 25 adalah 37 miliar rupiah.
=========================================================================================================
The zonal distribution system is currently developed by the military and applied to combat ships. In general, the system has three basic ideas: the use of two main bus bars (bus port and starboard bus), load zoning, and power distribution configuration. With those modes, power securities, survivability, and reliability of power distribution can be significantly improved. In this thesis we provide a different perspective in the application of the zonal distribution system to replace the existing distribution system i.e. the segregated distribution system on non-military vessels. The objective to be achieved is to find the comparison of zonal and segregated systems in the process of system design, distribution performance, investment cost estimation, and benefits. The study used to test the performance of the distribution is with a power flow analysis. The power flow method used is network topology based. From the application of the power flow, the zonal system is able to distribute the power better with the supply voltage at load at 378 V (99.38%) compared to the 375 V radial (98,68%). The zonal system can reduce the number of cables used so that in total reduce the system investment cost (7%). In the analysis of investment and operational costs, radial and zonal mechanical propulsion systems have almost the same value because they are only distinguished from the difference in investment of 17 million rupiah. While the zonal with electrical propulsion systems can provide more effective savings resulting from the flexibility of the use of power Zonal system will provide more benefits operational cost savings when also apply electrical propulsion system. The savings earned in the 15th year is 12 billion rupiah, and the 25th year is 37 billion rupiah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | RTSP 621.319 Cah r-1 3100018074997 |
Uncontrolled Keywords: | Marine electrical, Power distribution, Zonal system, Load flow |
Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK3030 Electric power distribution systems V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering |
Divisions: | Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36101-(S2) Master Theses |
Depositing User: | DANANG CAHYAGI |
Date Deposited: | 20 Feb 2018 09:06 |
Last Modified: | 02 Apr 2020 19:35 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/50368 |
Actions (login required)
View Item |