Perancangan Sistem Refrigerasi Kompresi Uap Cascade Untuk Aplikasi Hybrid Reefer Container

Bimantara, Yusuf Satria (2018) Perancangan Sistem Refrigerasi Kompresi Uap Cascade Untuk Aplikasi Hybrid Reefer Container. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04211340000050-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
04211340000050-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pada reefer container konvensional, sistem referigasi yang digunakan pada umumnya menggunakan siklus kompresi uap. Untuk siklus kompresi uap satu tingkat, temperatur ruangan pendingin yang dapat dihasilkan untuk operasional normal adalah sekitar -20˚ C. Untuk meningkatkan kemampuan dan variasi muatan khusus yang dapat dimuat oleh reefer container, dalam penelitian ini sistem refrigerasi akan diubah dengan sistem refrigerasi kompresi uap cascade. Sistem referigerasi cascade pada dasarnya adalah dua sistem referigerasi yang dihubungkan dengan satu penukar panas. Sistem cascade dapat mencapai temperatur ruangan yang lebih rendah dibandingkan siklus referigerasi kompresi uap satu tingkat.
Penelitian ini ditujukan untuk menentukan parameter desain yang optimal untuk sistem refrigerasi kompresi uap cascade pada temperatur evaporator -30° C dan temperatur kondensor yang dapat didinginkan pada temperatur lingkungan. Serta menganalisa nilai ekonomi untuk jangka waktu 10 tahun operasi. Perhitungan terkait untuk menentukan parameter kerja sistem dihitung dengan mengasumsikan bahwa tidak ada pressure loss pada sistem yang berada dalam keadaan steady state dan mengabaikan perubahan energi kinetik dan potensial dalam sistem.
Untuk parameter yang telah ditetapkan, didapatkan nilai COP maksimal dari sistem sebesar 2,849 dengan tekanan kerja pada low stage sebesar 600 kPa dan pada high stage sebesar 1500 kPa. Pada kondensor cascade digunakan derajat pendekatan sebesar -0,47° C dengan refrigeran pada low stage menggunakan R-404A dan pada high stage menggunakan R-22. Dari sisi ekonomi payback period akan tercapai pada tahun ketiga dengan pendapatan pada tahun tersebut sebesar Rp 14.907.552,00.

============================================================================================================

In a conventional reefer container, the refrigeration system used in general is the vapor compression cycle. For a single-stage vapor compression cycle, the chilled room temperature that can be generated for normal operation is about -20˚C. To improve the capability and variation of the special cargo that can be loaded by reefer container, in this research the refrigeration system will be changed with cascade vapor compression refrigeration system. The cascade refrigeration system is basically two vapor compression refrigeration systems connected to one heat exchanger. The cascade system can achieve lower room temperatures than the one-stage vapor compression refrigeration cycle.
The present study is intended to determine the optimal design parameters for cascade vapor compression refrigeration system at evaporator temperature of -30° C and chilling the condenser at ambient temperature. Also analyzing the economic value for a period of 10 years of operation. The related calculations for determining the working parameters of the system are calculated assuming that there is no pressure loss on the system in the steady state and ignoring the kinetic and potential energy changes in the system.
For predefined parameters, obtained a maximum COP of the system of 2.849 with a working pressure on the low stage of 600 kPa and at a high stage of 1500 kPa. The condenser cascade used an approach degree of -0.47° C with refrigerant on low stage using R-404A and at high stage using R-22. In terms of economic Payback period will be achieved in the third year with revenue in the year amounting to Rp 14,907,552.00.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSSP 621.56 Bim p-1 3100018074834
Uncontrolled Keywords: reefer container; sistem refrigerasi; kompresi uap; cascade
Subjects: Q Science
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Yusuf Satria B.
Date Deposited: 03 Apr 2018 02:04
Last Modified: 03 Sep 2020 07:45
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/50382

Actions (login required)

View Item View Item