Kumalasari, Silvia Dewi (2018) Model Analisis Kapasitas Pasar Pelayaran Petikemas yang Berkelanjutan: Studi Kasus Rute Surabaya - Sampit. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
4116202004-Master_Thesis.pdf - Accepted Version Download (5MB) | Preview |
Abstract
Pelayaran petikemas rute Surabaya – Sampit terjadi oversupply sejak tahun 2011 hingga saat ini, yakni selisih antara demand dan jumlah supply yang melayani rute tersebut mencapai hampir dua kali lipat, menyebabkan kapasitas kapal kosong mencapai 44% per tahun. Oversupply tersebut terjadi dikarenakan jumlah perusahaan pelayaran yang beroperasi pada rute Surabaya – Sampit bertambah, sehingga menyebabkan kapal yang dioperasikan pada rute tersebut bertambah. Hal tersebut tidak diimbangi dengan peningkatan jumlah demand yang drastis, sehingga perusahaan pelayaran yang beroperasi pada rute tersebut dapat mengalami kerugian operasional. Berdasarkan kondisi tersebut, sehingga perlu dilakukan analisis kapasitas pasar pelayaran petikemas yang berkelanjutan, agar tidak terjadinya oversupply pada rute Surabaya – Sampit. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni metode optimasi dan simulasi, metode optimasi dilakukan untuk mendapatkan kapasitas pasar yang sesuai untuk rute Surabaya – Sampit, kemudian dilakukan simulasi agar kapasitas pasar dapat berkelanjutan. Hasil yang didapatkan untuk kapasitas pasar yang ideal yakni disesuaikan dengan jumlah demand agar tidak terjadi oversupply, sehingga pada tahun 2017 – 2021 dibutuhkan 1 – 2 armada kapal dengan ukuran 300 - 385 Teus, dan required freight rate sebesar Rp 5.103.273 – Rp 5.797.403 per Teus, dengan jumlah 1 – 2 perusahaan pelayaran yang disesuaikan dengan jumlah kapal. Pasar pelayaran petikemas rute Surabaya – Sampit dapat berkelanjutan jika armada kapal sebagai alat produksi dapat mengangkut muatan dengan load factor kapal minimal 90% dari muatan total kapal untuk sekali trip. Pada kasus rute Surabaya – Sampit ini dapat dibuktikan bahwa tidak selalu kondisi pasar yang kompetitif adalah kondisi pasar yang ideal yang dapat memberikan perusahaan pelayaran keuntungan, dan dapat menyebabkan pasar berkelanjutan.
=============================================================================================================
Container shipping on route Surabaya-Sampit happens oversupply since 2011 until now, which are the difference between demand and supply almost doubled, causing vessel capacity are empty reached 44% per year. Oversupply happens because of the number of shipping companies operating on routes Surabaya-Sampit increased, causing the ship operated on that route increased too. It is not be balanced by a drastic number of demand, so the shipping company that operates on that route were operational losses. Based on these conditions, it needs to do an analysis of the market capacity for sustainability container shipping, to avoid oversupply in that route. Methods that used in this study are optimization and simulation, optimization is done to get the market capacity according to demand of Surabaya- Sampit, then going to simulations so that the capacity of the market can be sustainable. The results obtained for the ideal market capacity are based on demand so that oversupply does not happen, In 2017-2021 needs 1 - 2 fleet with sizes 300-385 Teus, and required freigh rate amounted Rp 5,103,273 - Rp 5,797,403 for one Teus, with shipping company 1 – 2 adjusted with number of ships. Container shipping market on route Surabaya – Sampit can be sustainable if the fleet as a tool of production can be transported with a load factor of ships at least 90% of the total fleet capacity for one trip. In this case on route Surabaya – Sampit can be proven that the competitive market conditions is not always as an ideal market conditions that can provide shipping company profits, and can lead to a sustainable market.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | RTKe 387.52 Kum m-1 3100018074949 |
Uncontrolled Keywords: | Berkelanjutan, Kapasitas Pasar, Model Analisis, Pelayaran Petikemas |
Subjects: | V Naval Science > V Naval Science (General) V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM293 Shipping--Indonesia--Safety measures |
Divisions: | Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36101-(S2) Master Thesis |
Depositing User: | Silvia Dewi Kumalasari |
Date Deposited: | 03 Apr 2018 02:10 |
Last Modified: | 04 Sep 2020 04:09 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/50409 |
Actions (login required)
View Item |