Islami, Bayu Fajar (2018) Analisis Percepatan Dengan Menggunakan Metode Time Cost Trade Off Pada Proyek Pembangunan Jalan Tol Solo – Ngawi – Kertosono (Ruas: Solo – Ngawi) STA 56+050 – STA 90+250. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
3111100034-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version Download (2MB) | Preview |
Abstract
Dalam penulisan tugas akhir ini akan dilakukan analisis percepatan pada Proyek Pembangunan Jalan Tol Solo – Ngawi – Kertosono Ruas: Solo – Ngawi Paket 2 STA 56+050 – STA 90+250. Kontraktor yang melaksanakan proyek ini adalah PT. Waskita Karya (Persero) Tbk. Lokasi pelaksanaan proyek terletak pada Kabupaten Boyolali, Kabupaten Karanganyar, Kabupaten Sragen, dan Kabupaten Ngawi. Pelaksanaan proyek ini dijadwalkan selama 95 minggu dimulai pada minggu ke-4 bulan September 2015 sampai dengan minggu ke-2 bulan Juli 2017. Namun pada realita mengalami penurunan kinerja sejak minggu ke-32 hingga minggu ke-47. Progress kumulatif proyek yang terealisasi pada minggu ke-32 sebesar 17,4% sedangkan progress kumulatif proyek yang direncanakan pada minggu ke-32 sebesar 18,02%. Faktor yang menyebabkan penurunan kinerja pada proyek ini adalah masalah quarry. Masalah quarry yang sebelumnya menghambat kinerja proyek telah berhasil diatasi oleh pihak kontraktor sehingga sejak minggu ke-47 proyek dapat kembali berjalan normal meskipun progress kumulatif proyek yang terealisasi masih tidak sesuai dengan progress kumulatif proyek yang direncanakan. Analisis percepatan pada Tugas Akhir ini menggunakan metode Time Cost Trade Off (TCTO). Dalam melakukan sebuah percepatan terhadap durasi penyelesaian proyek perlu dilakukannya penekanan waktu aktivitas, diusahakan agar biaya yang ditimbulkan seminimal mungkin dan dilain sisi harus diperhatikan pula bahwa penekanan waktu aktivitas tersebut dilakukan pada aktivitasaktivitas yang berada pada lintasan kritis dan mempunyai cost slope terendah pada aktivitas yang berada pada lintasan kritis tersebut. Langkah-langkah yang dilakukan dalam melakukan percepatan ini adalah identifikasi aktivitas sisa pekerjaan, penyusunan Network Diagram, menentukan scenario crashing, menentukan crash duration dan crash cost, menghitung cost slope, dan melakukan tahap iterasi. Setelah dilakukan analisa TCTO maka didapatkan output berupa beberapa alternatif waktu dan biaya proyek yang baru. Dari banyaknya alternatif, dipilih waktu dan biaya penyelesaian proyek yang optimum. Biaya total semula untuk aktivitas sisa pada proyek ini adalah sebesar Rp 564.960.477.351,32. dengan rincian direct cost sebesar Rp 533.652.333.953,63 dan indirect cost sebesar Rp 31.308.143.397,68. Setelah dilakukan percepatan, biaya total untuk aktivitas sisa pada proyek ini menjadi Rp 543.989.181.600,00 dengan rincian direct cost sebesar Rp 535.523.179.100,00 dan indirect cost sebesar Rp 8.466.002.500,00 dengan pengurangan durasi selama 60 hari yaitu 337 hari menjadi 277 hari dan selesai pada tanggal 23 Oktober 2017.
===============================================================================================================
In the writing of this final assignment will be done analysis of acceleration on a Solo Highway construction project – Paths – Kertosono toll road: Solo – 2 Pack of Wonogiri STA 56 + 050 – STA 90 + 250. Contractors who carry out this project is PT. Waskita Karya (Persero) Tbk. Location of project implementation lies in Boyolali Regency, Regency of Sragen, Karanganyar, Ngawi and. The implementation of this project scheduled for 95 weeks begin on Sunday 4th September 2015 until the 2nd week of July 2017. However, in reality the performance decline since week 32 up to week 47. The cumulative progress of the projects realized in week 32 of 17.4% while the cumulative progress of planned projects in week 32 of 18.02%. The factors that cause a decrease in performance on these projects is a matter of quarry. The problem of quarry that had previously hampered the performance of the project have been successfully overcome by a Contracting Party so since week 47 projects can be running back to normal although the cumulative progress of projects realised are still incompatible with progress cumulative project planned. The analysis of acceleration on this final assignment method using Time-Cost Trade Off (TCTO).
In doing an acceleration towards the completion of the project duration needs to be commended for the emphasis time activity, laboured so that cost is minimal evoked possible and on the other side it should be noted that the emphasis of the activity time done on activities that are on the critical path and have cost the lowest slope on activities that are on the critical path. The steps undertaken in doing this acceleration is the identification of the activity of the rest of the work, the preparation of Network diagrams, define the scenario crashing, determine the crash duration and crash cost, calculate cost slope, and do stage iteration. After analyzing the TCTO then obtained an output in the form of several alternative time and project costs. The number of the selected alternative, time and cost of completion of the project resources. The total cost of the reconstruction of the remaining activities for this project is Rp 564,960,477,351.32. with the details of the direct cost of Rp 533,652,333,953.63 and indirect cost amounting to Rp 31,308,143,397.68. After accelerating, the total costs for the remaining activities on this project to Rp 543,989,181,600.00 with details of the direct cost of Rp 535,523,179,100.00 and indirect cost amounting to Rp 8,466,002,500.00 with a reduction in the duration of over 60 days i.e. 337 days be 277 days and completed on October 23, 2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | RSS 658.404 Isl a-1 3100018074709 |
Uncontrolled Keywords: | Analisa Percepatan; Jalan Tol; Time Cost-Trade Off; analysis of Acceleration; Toll Roads. |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) > T56.8 Project Management T Technology > TF Railroad engineering and operation > TF193 Estimates, costs, etc. |
Divisions: | Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Bayu Fajar Islami |
Date Deposited: | 23 Mar 2018 07:59 |
Last Modified: | 07 Sep 2020 03:42 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/50430 |
Actions (login required)
View Item |