Studi Perbandingan Variasi Sudut Laminasi pada Fiberglass

Muhammad, Nur Kaffi (2018) Studi Perbandingan Variasi Sudut Laminasi pada Fiberglass. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
04211546000015-Undergraduate_theses.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Kapal yang terbuat dari Fiberglass merupakan type kapal cepat , biasanya digunakan sebagai kapal Patroli, kapal pribadi atau kapal untuk transportasi laut atau sungai. Karena bobot yang cukup ringan dan cukup kuat, sehingga kerja dari motor / mesin penggerak baling-baling pendorong / kipas bekerja secara maksimal, mesin kapal fiberglas menggunakan mesin diesel yang diinstalasi didalam lambung kapal atau mesin tempel. Metode dalam tugas akhir ini yaitu mulai dari studi literatur, pengumpulan data-data penunjang yaitu material fiberglass yang menjadi parameter pemodelan, pembuatan laminasi pada program, pada laminasi ini digunakan variasi sudut yakni 0°, 45°, dan 90°. Pada laminasinya menggunakan fitur ACP pada program software Ansys. Setelah pada laminasi tersebut dilakukan pengujian static struktur, pada simulasi ini material pada beberapa variasi akan disimulasikan pengujian dengan standart DIN EN ISO 527-4. Setelah itu dilakukan running untuk mengetahui berapa besar tegangan maksimal pada variasi sudut tersebut, dan berapa besar nilai deformasi yang dialami material tersebut. Berdasarkan hasil simulasi menggunakan software ansys didapatkan nilai pada beberapa variasi sudut, untuk sudut 0° didapatkan nilai stress maksimal sebesar 266,72 Mpa dengan total deformasi yakni 0,7744 mm, untuk sudut 45° didapatkan nilai stress maksimal sebesar 311,58 Mpa dengan total deformasi yakni 3,1022 mm, dan yang terakhir untuk sudut 90° didapatkan nilai stress maksimal sebesar 266,84 Mpa dengan total deformasi yakni 3,4814 mm. Faktor yang mempengaruhi performa komposit yakni faktor serat, letak serat, panjang serat, dan bentuk serat. ============================================================================================ Vessels made of Fiberglass are fast ship types, usually used as patrol boats, private boats or ships for sea or river transportation. Because the weight is quite light and strong enough, so that the work of the motor / engine propeller propeller / fan works optimally, fiberglass vessel engines using diesel engines installed in the hull of the ship or outboard engine. The method in this final project is from literature study, collecting supporting data that is fiberglass material become modeling parameter, making lamination at program, this lamination used angle variation that is 0 °, 45 °, and 90 °. In laminasinya use ACP feature in Ansys software program. After the lamination is done static test of the structure, in this simulation the material on some variations will be simulated testing with standard DIN EN ISO 527-4. After that is done running to find out how big the maximum voltage on the variation of the angle, and how much the value of deformation experienced by the material. Based on simulation result using ansys software got value at some angle variation, for angle 0 ° got maximum stress value equal to 266,72 Mpa with total deformation that is 0,7744 mm, for angle 45 ° got maximum stress value equal to 311,58 Mpa with total deformation ie 3.1022 mm, and the last for 90 ° angle obtained a maximum stress value of 266.84 Mpa with a total deformation of 3.4814 mm. Factors that affect composite performance ie fiber factor, fiber location, fiber length, and fiber form.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Fiberglass, Laminate, ACP, Tensile strength, Deformation, Kuat tarik
Subjects: T Technology > TS Manufactures
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
Divisions: Faculty of Marine Technology > Marine Engineering > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: NUR KAFFI MUHAMMAD
Date Deposited: 09 Feb 2018 03:27
Last Modified: 09 Feb 2018 03:27
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/50439

Actions (login required)

View Item View Item