Pengembangan Model dan Skenario untuk Meningkatkan Efisiensi Distribusi Pedagang Besar Farmasi dengan Menggunakan Pendekatan Sistem Dinamik

Dini, Nisa Setya (2018) Pengembangan Model dan Skenario untuk Meningkatkan Efisiensi Distribusi Pedagang Besar Farmasi dengan Menggunakan Pendekatan Sistem Dinamik. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5215201204-Master_Thesis.pdf]
Preview
Text
5215201204-Master_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Obat merupakan komoditi utama yang digunakan manusia untuk menunjang kesehatannya dan manusia tidak bisa menghindari penyakit selama hidup. Perkembangan jaman yang semakin canggih seperti sekarang ini, sudah banyak makanan yang bermacam-macam yang nantinya akan berakibat pada
kesehatan, untuk itu obat sangat diperlukan dalam kehidupan manusia. Begitu pentingnya obat dalam hidup manusia sehingga dalam pembuatannya pun obat harus memenuhi kriteria kemanjuran, keamanan, dan kualitas.
Kebutuhan obat yang tinggi dan harus ada di apotek-apotek perlu mengefisiensikan pendistribusiannya sehingga dapat meminimalisir biaya perusahaan dalam proses distribusi. Secara umum, 41% dari biaya logistik adalah transportasi. Perlu adanya efisiensi terhadap distribusi.
Perubahan perilaku sistem terhadap waktu, dinamika sistem yang kompleks, adanya umpan balik tersebut memberikan informasi terbaru tentang keadaan sistem yang kemudian akan menghasilkan keputusan. Berdasarkan karakteristik tersebut maka penelitian ini menggunakan pendekatan sistem dinamik untuk mengefisiensikan proses distribusi obat di Indonesia.
Penelitian ini mengembangkan sebuah model simulasi dinamik yang memberikan gambaran mengenai proses distribusi obat berdasarkan kondisi saat ini dan merancang skenario kebijakan yang dapat digunakan untuk meningkatkan efisiensi proses distribusi obat. Hasil dari penelitian ini yaitu itu dapat mengefisiensikan proses distribusi dengan mengganti cara menyewa kendaraan secara mendadak dengan menyewa kendaraan sejak awal yaitu setiap 5 tahun dan dengan tarif yang lebih murah dan mengakibatkan penurunan biaya transportasi hingga 11%. Dan juga mengurangi backlog dari pemesanan hingga 14% dengan menambahkan variabel desired backlog.
=========================================================================================================
Drugs are the main commodities that human use to support their health, and human can not avoid illness during their life. The development of the increasingly sophisticated era as now, there are many diverse foods that will eventually affected the health, for that medicine is needed in human life. Drug is very vital in human life, so the manufacture process must also meet many criteria such as efficacy, safety, and quality.
The high need for medicines and pharmacies must be streamlined in order to minimize the cost of the company in the distribution process. In general, 41% of logistics costs are transportation cost. Efficiency is needed in this distribution
process.
Changes in system behavior over time, complex system dynamics, the existence of this feedback provides the latest information about the system that will eventually produce a decision. Based on these characteristics, this study uses a dynamic system approach to streamline the process of drug distribution in Indonesia.
This research develops a dynamic simulation model that provides an overview of the current process and the use of policy scenarios that can be used to improve efficiency of drugs distribution. The result of this research is that it can streamline the distribution process by changing the way of renting the vehicle abruptly to renting the vehicle from the beginning of every 5 years with cheaper rate and reducing the cost up to 11%. And also reduce the backlog of the order to 14% by adding the desired backlog variable.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RTSI 658.8 Din p-1 3100018074958
Uncontrolled Keywords: distribusi obat, sistem dinamik, simulasi, efisiensi, drug distribution, dynamic systems, simulation, efficiency
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.8 Productivity. Efficiency
T Technology > TS Manufactures > TS155 Production control. Production planning. Production management
Divisions: Faculty of Information Technology > Information System > 59101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Nisa Setya Dini
Date Deposited: 19 Feb 2018 04:21
Last Modified: 31 Mar 2020 23:00
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/50538

Actions (login required)

View Item View Item