Rancang Bangun Electrospinning dengan Pengembangan Pompa Syringe dan Pemanfaatan High Voltage DC

Wicaksono, Aditya Muhammad (2017) Rancang Bangun Electrospinning dengan Pengembangan Pompa Syringe dan Pemanfaatan High Voltage DC. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 01111240000088-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
01111240000088-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Electrospinning telah menjadi suatu teknologi fabrikasi nanofiber yang sederhana dan efektif. Dengan kemampuannya yang dapat menghasilkan ukuran material yang berada pada orde sub-mikro, maka teknologi tersebut dapat membuka banyak kemungkinan untuk dilakukan pengembangan pada banyak area. Namun, kendala umum yang sering dihadapi dalam produksi nanofiber menggunakan electrospinning adalah ketidakstabilan hasil yang didapat akibat dari gerakan osilasi jet polimer. Selain itu, pada electrospinning dibutuhkan sumber tegangan yang tinggi karena hal tersebut berpengaruh pada pembangkitan medan elektrostatis. Sehingga akan dibutuhkan suatu tegangan tinggi DC untuk rancang bangun sebuah electrospinning. Pembentukan fiber yang kurang terkondisikan seperti ini yang menjadi penghalang dalam upaya implementasi electrospinning dalam dunia industri. Disini kami akan melakukan rancang bangun electrospinning dengan pengembangan pompa syringe dan power supply High Voltage DC. Tujuan utama dari penelitian ini adalah pembuatan mesin electrospinning yang mampu memenuhi sejumlah parameter, yaitu pengembangan laju penyemprotan pada pompa syringe untuk mendapakan hasil terbaik dan pengembangan besarnya High Voltage DC yang digunakan dalam kiloVolt (kV).
=================================================================================================
Electrospinning provides a simple and versatile method to produces nanofiber. With their abilities to obtain sub-micron materials, it has leads to many options for development in many areas, such as conductive nanofiber, nanofilter, biomaterial polymer, etc. However, the most common obstacle in nanofiber production is the unstable results due to the polymer jet movement. In addition, a high voltage power supply is needed to obtain the electrostate field generation. Hence a DC high voltage need to be constructed formerly. This study present a designing of the electrospinning with the development of DC high voltage and syringe pump. The main purpose of this study is to construct an electrospinning apparatus which will fulfill several parameters, which are the development of the flow rate in pompa syringe, and the development of the DC high voltage in (kV).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSFi 620.5 Wic r-1 3100018075084
Uncontrolled Keywords: Electrospinning; DC High Voltage; Nanofiber; Syringe pump
Subjects: Q Science > QC Physics
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ230 Machine design
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ903 Pumping machinery.
Divisions: Faculty of Natural Science > Physics > 45201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Wicaksono Aditya Muhammad
Date Deposited: 09 Apr 2018 04:12
Last Modified: 03 Jul 2020 01:42
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/50656

Actions (login required)

View Item View Item