Penerapan Model Sistem Dinamik Untuk Peramalan Permintaan Penumpang Lalu Lintas Udara Dan Perencanaan Kapasitas Terminal Bandara (Studi Kasus: Bandara Internasional Juanda Surabaya)

Anjas, Daniel Surya (2017) Penerapan Model Sistem Dinamik Untuk Peramalan Permintaan Penumpang Lalu Lintas Udara Dan Perencanaan Kapasitas Terminal Bandara (Studi Kasus: Bandara Internasional Juanda Surabaya). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5213100058-Undergraduate_Theses ver2.pdf]
Preview
Text
5213100058-Undergraduate_Theses ver2.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Saat ini, wilayah Asia-Pasifik merupakan wilayah dengan peningkatan lalu lintas udara tertinggi di dunia. Berdasarkan penelitian dan pendapat yang diberikan oleh para praktisi di bidang lalu lintas udara, trend ini masih akan berlanjut hingga beberapa tahun mendatang. Indonesia merupakan salah satu negara yang mengalami peningkatan lalu lintas udara yang signifikan setiap tahunnya. Namun peningkatan lalu lintas udara ini tidak diimbangi dengan perbaikan infrastruktur untuk memenuhi kebutuhan dan permintaan penumpang lalu lintas udara. Berdasarkan data yang dilansir oleh IATA, Indonesia merupakan salah satu negara diantara lima negara yang mengalami pertumbuhan penumpang lalu lintas udara dalam 20 tahun mendatang. IATA meramalkan bahwa pada 2034, lalu lintas udara di Indonesia akan mencapai angka 183 juta penumpang. Bandara Internasional Juanda merupakan salah satu bandara di Indonesia. Bandara ini berada dibawah naungan Angkasa Pura 1 yang mengelola bandara di wilayah Indonesia Timur. Sepanjang tahun 2016 terdapat 8.881.583 penumpang yang tercatat melakukan penerbangan melalui Bandara Internasional Juanda. Penelitian ini akan berkaitan dengan pengembangan model untuk meramalkan permintaan penumpang lalu lintas udara, melakukan evaluasi terhadap beberapa aturan yang berkaitan dengan perluasan landasan pacu dan kapasitas terminal untuk memenuhi permintaan di masa mendatang. Metode yang digunakan untuk mengembangkan model ialah metode sistem dinamik, dengan pertimbangan bahwa metode sistem dinamik mampu mengakomodir hubungan antar variabel yang non-linear dan yang dinamis. Sehingga proses permodelan, analisa dan proses penghasilan skenario dapat dilakukan dan digunakan untuk meningkatkan kinerja dengan harapan dapat digunakan untuk pengambilan keputusan di masa mendatang. Hasil dari pembuatan skenario struktur dan parameter didapatkan proyeksi untuk berbagai variabel. Dari skenario parameter didapatkan proyeksi jumlah penumpang yang mencapai 9.911.010 penumpang per tahun dan jumlah penumpang pada peak hour tertinggi yang mencapai 10.157 penumpang per tahun terjadi pada skenario optimistic. Sementara itu dari skenario parameter didapatkan proyeksi waktu ideal untuk melakukan tahap awal ekspansi luas bandara terjadi pada skenario optimistic yang mencapai 87.17%. Hasil penelitian ini dapat berkontribusi dalam pengembangan kebijakan untuk proyeksi jumlah penumpang dan persiapan ekspansi bandara Juanda.
=========== Asia-Pacific is an area that has highest air traffic in the world. Based on research and judgement from experts in air traffic field, this kind of trend will keep continue until few years later. Indonesia is a country with significant increase of air traffic every year. However, the increase in air traffic is not balanced by infrastructure improvement to satisfy passanger's needs and demand. From the data of IATA, Indonesia is one of five countries which is experienced air traffic passanger growth in 20 years later. IATA forecast that on 2034, Indonesia's air traffic will reach 183 million passanger. Juanda International Airport is an airport in Indonesia and established under Angkasa Pura 1 whom manage all airports in east Indonesia. Throughout the year of 2016, there was 8.881.583 passangers who were on flight through Juanda International Airport. This research will be related on developing model to forecast passenger demand, evaluate some rules related to runway expansion and terminal capacity to meet future demand. The method used to develop the model is dynamic system method, with considering that this method can accomodate relation between non-linear and dynamic variabel, so that modeling process, analysis and skenario result can be done and used as decision making in the future. Projection for various variabel are resulted from the structured skenario and parameter. From the skenario parameter, it was known that the projection of passanger which is reach 9.911.010 each year and passanger at highest peak our 10.157 happened in optimistic skenario. Beside that, from the parameter skenario, the ideal time for doing early phase of the airport area expansion happened in optimistic skenario also, with 87.17%. Result from this research can contribute in policy development for passanger projection and preparation in airport area expantion.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSSI 003.85 Anj p
Uncontrolled Keywords: Perencanaan permintaan; system dinamik; simulasi; ekspansi kapasitas; skenario; Demand forecasting; System dynamics; Simulation; Capacity expansion; Skenario
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA402 System analysis.
T Technology > T Technology (General) > T58.62 Decision support systems
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL725.3 Traffic Control
Divisions: Faculty of Information and Communication Technology > Information Systems > 57201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Daniel Surya Anjas
Date Deposited: 29 Jan 2018 03:02
Last Modified: 25 Sep 2020 03:46
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/50704

Actions (login required)

View Item View Item