Limanto, Antonius Stanley (2018) Implementasi Midi File Handler Dalam Rhythm Game Yang Bersifat Otomatis. Undergraduate thesis, Institute Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
5113100088-Undergraduate Thesis.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Rhythm Game sedang booming saat ini. Tidak hanya pada media arcade saja, namun sekarang sudah dapat diimplementasikan untuk versi dirumah dan media portabel. Tiap game tersebut memiliki koleksi lagu yang berbeda-beda, bisa dari game tersebut yang menyediakan lagu dari game itu sendiri maupun melisensi lagu lain. Game ini memiliki unsur yang menarik banyak orang dikarenakan oleh lagu yang dikoleksinya. Saat ini Rhythm Game selalu membutuhkan seorang note designer untuk membuat note mapping tersebut, lagu yang sudah dibuat tidak akan membuat note dengan sendirinya.
Dalam Tugas Akhir ini dibangun suatu permainan yang bergenre Rhythm Game. Rhythm Game yang akan dibuat dalam Tugas Akhir ini akan menggunakan lagu midi lalu mengimplementasikan Midi File Handler di dalam sistem permainan. Midi File Handler ini digunakan untuk membaca file midi, dalam pembacaan file tersebut Midi File Handler melakukan sequencing sehingga menghasilkan suatu informasi pada midi event. Midi event ini akan berisi suatu informasi singkat berupa, channel, note (nada keberapa yang akan dibunyikan) serta velocity atau amplitudo suara. Ketiga informasi inilah yang akan menentukan kapan atau yang mana suatu note akan dibunyikan saat lagu dimainkan. Midi File Handler ini telah digunakan pada beberapa lagu midi (atau file .mid) dan terbukti dapat mendeteksi midi event dengan lancer dan pada timing yang pas.
Dalam Tugas Akhir ini akan menggunakan beberapa lagu midi yang bersifat ideal yang kebanyakan adalah lagu Indonesia, dalam bentuk konversi .mp3/.wav yang digunakan untuk media suara pada permainan nanti serta dalam ekstensi .bytes yang akan digunakan untuk membaca midi event melalui Midi File Handler, berkat file .bytes inilah yang akan menghasilkan suatu note. Diantara file .bytes serta file .mp3/.wav akan ada waktu tunda agar note yang dibuat dapat pas sesuai file .mp3/.wav. Hasil uji coba pada Tugas Akhir ini akan berupa persentase keberhasilan meliputi aspek konsistensi, kedinamisan dan ketepatan timing pada Midi File Handler. =====================================================================================================
These days, Rhythm Game is really booming. Not only for arcades but now they have been implemented the home version and portables. Every each of that games have different collections of songs, they can be from their own original compotions or licensing other songs. This type of game have been attracting many people because of the songs the games collect. These days Rhythm Games always hire note designers to make a note mapping in songs, it’s because the song can’t produce the notes itself.
So in this Final Project, will be constructed a Rhythm Game application, that will be applying a Midi File Handler in the game. This will be used as a midi file reader that will produce a set of information called midi event. Midi event will contain data such as, channel, note, and velocity, these three information will decide when and which note will be produced. This Midi File Handler has been tested with some .mid files and it’s proven its ability to detect midi event fluently with a perfect timing.
In this Final Project will be used some ideal midi files many of them are such as Indonesian songs, they will be converted in .mp3/.wav file that will be used for audio media and will be extended as .bytes file for midi event reading by Midi File Handler. Between .mp3/.wav files and .bytes files there will be a delaying time configured. So that the .mp3/.wav file will play in a perfect timing with the notes produced by the .bytes file. The result of this experiment will be percentages of Midi File Handler’s successfulness such as consistency, dynamicity dan timing precision.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | channel, midi, Midi File Handler, note, otomatis, Rhythm Game, velocity. |
Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK5105.546 Computer algorithms |
Divisions: | Faculty of Information Technology > Informatics Engineering > 55201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | stanley limanto |
Date Deposited: | 12 Apr 2018 03:59 |
Last Modified: | 12 Apr 2018 03:59 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/50715 |
Actions (login required)
View Item |