Sistem Pengereman Otomatis Menggunakan Kendali Logika Fuzzy

Limbong, Sony Nikodemus (2017) Sistem Pengereman Otomatis Menggunakan Kendali Logika Fuzzy. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2212100185-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
2212100185-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Angka kecelakaan lalu lintas di kota besar yang ada di Indonesia saat ini termasuk tinggi dan setiap tahunnya meningkat secara signifikan. Rata-rata penyebab kecelakaan dikarenakan oleh faktor kelalaian dari pengguna kedaraan bermotor. Sistem pengereman otomatis merupakan salah satu cara yang dikembangkan oleh industri otomotif agar angka kecelakaan dapat diminimalisir. Pada penelitian ini telah dirancang dan dibuat sistem pengereman otomatis menggunakan kontrol logika fuzzy. Pada sistem ini digunakan motor DC yang sudah di lengkapi dengan rotary encoder yang berfungsi untuk membaca kecepatan dari prototype mobil ini. Pada alat ini juga dilengkapi sensor ultrasonik yang berfungsi untuk membaca jarak antara alat dengan benda yang ada di depan alat. Pada sistem ini digunakan mikrokontroller arduino yang berfungsi sebagai pusat sistem kontrol dan pembaca encoder. Pada penelitian ini dilakukan pengujian pengereman prototipe mobil dengan jarak pengereman yang bervariasi. Pada saat pwm 49 %, prototipe mobil dapat berhenti pada jarak sekitar 35,9 cm. Pada saat pwm 43%, prototipe mobil dapat berhenti pada saat jarak sekitar 45,5 cm. Sedangkan pada saat pwmnya 39, prototipe mobil dapat berhenti pada jarak sekitar 47 cm. Metode ini diharapkan dapat digunakan sistem pengereman pada mobil listrik sehingga mengurangi resiko kecelakaan.
============= The number of traffic accidents in major cities in Indonesia now is very high and increases significantly every years. The accidents are usually caused by human errors. Automatic braking system is a method developed by the automotive industries in order to minimize the number of accidents. In this research has been designed and made an automatic braking system using fuzzy logic control. In this system used DC motors equipped with a rotary encoder to measure the speed of the prototype of car. In this prototype also features ultrasonic sensor to measure the distance of the obstacle. In this system, the arduino microcontroller was used to serve as a main control system. In this study, the braking tests of the prototype were conducted with various distance. At the pwm of 49, 43, 39% the prototype can stop at a distance of about 35.9, 45.5, 47 cm, respectively. This method is expected to be used as a braking system on the electric cars so that can reduce the risk of accidents.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSE 629.246 Lim s
Uncontrolled Keywords: Logika Fuzzy; Rotarty Encoder; Sensor Jarak.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA9.64 Fuzzy logic
Q Science > QA Mathematics > QA248_Fuzzy Sets
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL521.3 Automatic Control
Divisions: Faculty of Electrical Technology > Electrical Engineering > 20201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Sony Nikodemus Limbong
Date Deposited: 09 Apr 2018 09:07
Last Modified: 25 Sep 2020 03:26
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/50761

Actions (login required)

View Item View Item