Analisis Fatigue Life Pada Bracket Oil Tanker Dengan Beban Sloshing

Rusdi, Muhamad Gifari (2018) Analisis Fatigue Life Pada Bracket Oil Tanker Dengan Beban Sloshing. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4113100081-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
4113100081-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Umur kelelahan (fatigue life) dari struktur kapal tanker dapat dianalisis dengan menggunakan pendekatan-pendekatan standar pada Common Structural Rules for Double Hull Oil Tanker. Analisis dilakukan dengan metode elemen hingga yang difokuskan pada konstruksi bracket kapal tanker 17500 LTDW. Konstruksi bracket merupakan salah satu penopang yang esensial pada kapal sehingga perlu diketahui letak bracket dengan tegangan paling besar untuk dihitung nilai umur kelelahannya. Kapal ini dimodelkan dengan menggunakan finite element software. Bagian yang dimodelkan adalah tiga ruang muat di midship. Fatigue life yang dianalisa merupakan pengaruh dari beban sloshing muatan tangki (beban internal). Kondisi pembebanan dilakukan pada 4 macam tinggi pengisian muatan yaitu ketinggian 0.3h, 0.6h, 0.7h, dan 0.95h, dan masingmasing kondisi mempunyai variasi dari roll angle motion yang dihitung sesuai persamaanpersamaan dalam CSR. Tegangan pada bracket diambil dari salah satu web frame yang mempunyai tegangan terbesar di setiap kondisi pembebanannya untuk dianalisa fatigue lifenya. Hasil menunjukkan bahwa bracket dengan tegangan paling besar terjadi pada sambungan bracket pada web frame nomor 4 pada ruang muat belakang. Umur kelelahan pada masingmasing kondisi adalah 450 tahun pada Kondisi 1 (0.3h), 84 tahun pada Kondisi 2 (0.6h), 76 tahun pada Kondisi 3 (0.7h), dan 137 tahun pada Kondisi 4 (0.95h). Umur kelelahan paling rendah terdapat pada kondisi pembebanan 3 dengan tinggi muatan 0.7h yaitu sebesar 76 tahun. =========== The fatigue life of oil tanker structure is analyzed based upon the standard outlined in Common Structural Rules for Double Hull Oil Tanker. The analysis is focused on the brackets of 17500 LTDW oil tanker using finitie element method. Bracket is one of the important supports in this type of ship so it is also important to know the location of the bracket with highest stress and its fatigue life.
This ship is modelled by finite element software. The parts to be modelled are the three cargo hold in midship. The fatigue life is influenced by the internal sloshing pressure in cargo hold. Four loading conditions are used. Each filling height of the loads are 0.3h, 0.6h, 0.7h, 0.95h of the tank height and each of them have the variation of the roll angle mation which are calculated based on Common Structural Rules for Double Hull Oil Tanker. The fatigue life is calculated for the bracket with the highest stress value in one of the web frame.
The results shows that the bracket with the highest stress value occurs on the fourth web frame. The fatigue life for each load case are 450 years for Load Case 1, 84 years for Load Case 2, 76 years for Load Case 3, 137 years for Load Case 4. The lowest fatigue life value occurs on Load Case 3 and the fatigue life is 76 years.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSPe 623.824 5 Rus a
Uncontrolled Keywords: CSR; bracket; analisa tegangan; stress analysis; fatigue life
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA460 Metals--Fatigue.
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Muhamad Gifari Rusdi
Date Deposited: 29 Jan 2018 06:25
Last Modified: 17 Sep 2020 07:32
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/50831

Actions (login required)

View Item View Item