Desain Struktur Dermaga Curah Cair 15000 DWT pada Pelabuhan Pulang Pisau, Palangkaraya, Kalimantan Tengah dengan Meninjau Metode Pelaksanaan dan Estimasi Anggaran Biayanya

Rahmatullah, Rindianto (2018) Desain Struktur Dermaga Curah Cair 15000 DWT pada Pelabuhan Pulang Pisau, Palangkaraya, Kalimantan Tengah dengan Meninjau Metode Pelaksanaan dan Estimasi Anggaran Biayanya. Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 10111310000051_Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
10111310000051_Undergraduate_Theses.pdf

Download (17MB) | Preview

Abstract

Dermaga Curah Cair adalah salah satu dermaga yang berada di Pelabuhan Pulang Pisau, Palangkaraya yang melayani kapal ±5000 DWT yang akan didesain ulang dengan menambah kapasitas kapal oil tanker menjadi 15000 DWT dengan draft kapal sebesar 8,8 m. Kondisi lingkungandan komoditas yang dilayani menentukan tipe struktur, dimensi struktur dan beban yang bekerja pada struktur. Karena beban vertical jauh lebih kecil daripada beban horizontal, maka dipilih jenis dermaga dolphin system dengan jenis struktur deck on pile.
Struktur dermaga curah cair dibagi menjadi 5 (lima) struktur yaitu Struktur Unloading Platform tempat melayani bongkar muat curah cair yang dilengkapi dengan dua buah alat Marine Loading Arm Emco Weathon Type B300, Struktur Trestle yaitu jembatan penghubung antara daratan dengan Unloading Platform yang ditumpu oleh Struktur Abutmen pada sisi darat trestle, selain itu juga direncanakan struktur Mooring Dolphin untuk menahan beban tarik dan Struktur Berthing Dolphin untuk menahan beban merapat kapal.
Dermaga direncanakan dengan menggunakan Sistem Pemikul Momen Biasa dengan factor modifikasi Respon sebesar 1,5 (SNI 2833 2013) untuk menahan gempa dengan periode ulang 500 Tahun. Elemen struktur dermaga, trestle, abutmen dan dolphin direncanakan dengan metode beton insitu. Pemilihan metode insitu karena pertimbangan lebih hemat daripada harus menggunakan beton pracetak.
Dari Perencanaan ini didapat dimensi balok memanjang Unloading Platform adalah 700 x 1000 mm dan balok melintang 500 x 800 mm, sedangkan dimensi balok memanjang pada trestle adalah 450 x 700 mm dan balok melintang trestle adalah 450 x 700 mm. Pelat Insitu pada Unloading Platform setebal 300 mm dan pada trestle setebal 250 mm. Sedangkan pada struktur Mooring Dolphin dan Breasting Dolphin direncanakan seperti struktur pile cap setebal 2000 mm. Untuk lebih lengkap dan jelasnya semua hasil perhitungan untuk semua elemen struktur disajikan pada gambar teknik.
Rencana anggaran biaya total dalam pembangunan dermaga curah cair ini adalah Rp30.026.640.000,-
=========================================================
Liquid Bulk Port is one of the docks located at the Port of Pulang Pisau, Palangkaraya which serves the ship 5000 DWT which will be redesigned by increasing capacity of oil tanker ship to 15000 DWT with draft ship of 8.8 m. The condition of the environment and the commodities served determine the type of structure, the dimensions of the structure and the load acting on the structure. Because the vertical load is much smaller than the horizontal load, then the dolphin system dock type is chosen with the type of deck on pile structure.
The structure of the liquid bulk dock is divided into 5 (five) structures namely Unloading Platform Structure where serving bulk bulk loading and loaded with two tools of Marine Loading Arm Emco Weathon Type B300, Trestle Structure is a bridge between land with Unloading Platform supported by Abutment Structure on the land side of the trestle, besides it also planned the structure of Dolphin Mooring to withstand tensile loads and Berthing Dolphin Structures to withstand loads docked.
The port is planned by using the Ordinary Moment Resistivity System with a Response Modification factor of 1.5 (SNI 2833 2013) to withstand earthquakes with a 500 year return period. Elements of dock, trestle, abutment and dolphin structures are planned with in situ concrete method. Selection of insitu method because the consideration is more efficient than having to use precast concrete.
From this plan, the dimension of the beam lengthwise Unloading Platform is 700 x 1000 mm and the cross beam is 500 x 800 mm, while the length beam dimension on the trestle is 450 x 700 mm and the trestle cross beam is 450 x 700 mm. Plate Insitu on Platform Unloading 300 mm thick and on trestle as thick as 250 mm. While the structure of Dolphin Mooring and Breasting Dolphin is planned as a pile cap structure of 2000 mm thick. For more complete and clear all the calculations for all structural elements are presented in engineering drawings.
The total cost budget plan in the construction of this bulk liquid dock is Rp 30.026.640.000, -

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Design, Wharf, Liquid Bulk, Loading and Unloading, Dolphin Mooring, Breasting Dolphin, Insitu Concrete
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA645 Structural analysis (Engineering)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA681 Concrete construction
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22301-(D4) Diploma 4
Depositing User: Rindianto Rahmatullah
Date Deposited: 18 Apr 2018 04:30
Last Modified: 18 Apr 2018 04:30
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/50864

Actions (login required)

View Item View Item