Analisa Risiko Proses Pengapungan Kembali Pada Kapal Tenggelam di Perairan Tanjung Perak

Firdaus, Muhammad Wildan (2018) Analisa Risiko Proses Pengapungan Kembali Pada Kapal Tenggelam di Perairan Tanjung Perak. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4113100007-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
4113100007-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version

Download (16MB) | Preview

Abstract

Salah satu penyebab kecelakaan di laut adalah kapal tenggelam. Kapal tenggelam membutuhkan tindakan penyelamatan, baik untuk menyelamatkan kapal ataupun untuk pembersihan alur pelayaran. Pekerjaan pada industri salvage sangatlah berisiko tinggi, hal tersebut dikarenakan kondisi perairan sulit untuk dilewati, faktor keamanan peralatan, hingga risiko yang diakibatkan dari kapal itu sendiri. Untuk mengidentifikasi risiko pada pekerjaan pengapungan kapal tenggelam digunakan framework untuk mengetahui bagian pekerjaan yang berisiko. Pada Framework tersebut digunakan pendekatan Fault Tree Analysis dan Checklist. Akar permasalah dari risiko diberikan penilaian untuk mengetahui tingkat risiko dari masing-masing risiko. Penilaian dilakukan dengan memberikan skala 1 sampai 5 pada dampak yang dihasilkan dan tingkat kemungkinannya pada variasi lama tenggelam kapal. Penilaian dilakukan dengan kuisioner yang diberikan pada ahli yang berpengalaman dibidangnya. Risk Priority Number diberikan untuk mengetahui tingkat risiko kegagalan proses pada lama tenggelamnya kapal di bawah 10 tahun dan di atas 10 tahun. Masing-masing risiko diberikan mitigasi berupa rekomendasi tindakan preventif. Penambahan biaya yang dihasilkan dari tindakan preventif yang diberikan sebesar 4,98% untuk kapal dengan lama tenggelam dibawah 10 tahun dan 5,58% untuk kapal dengan lama tenggelam diatas 10 tahun. Strategi implementasi RBI merupakan cara yang efektif untuk mengidentifikasi biaya tambahan, biaya tak terduga dan risiko yang terlibat dalam pekerjaan pengapungan kapal tenggelam. Oleh karena itu, perencanaan biaya pekerjaan pengapungan kapal dapat dilakukan dengan cara yang lebih akurat. ============== A sinking ship is one of accidents cause. Sinking ship requires to be rescued, either to save the ship or to clear the cruise line. Meanwhile, working in the salvage industry is a very high risk occupation. The water conditions that makes it difficult to get through, safety factor of the equipment, until the risk caused by the vessel itself. To identify the risk of ship’s floatation, frameworks are used to identify risky tasks. Fault tree analysis and checklist approach method is used in framework. The core issues of each risk is assessed to determine the risk level of each risk. Assessment is done by providing a scale of one to five on the resulting impact, and the probability of failure of the work process on the ship’s sinking time variation. A questionnaire is used to an expertise in this field to give an assessment on the core issues. The risk priority number is given to determine the risk level of the ship’s floatation failure at the ship that has been sunk below 10 years and above 10 years. Each risk is given mitigation of preventive action recommendations. The additional cost resulting from the preventive action provided is 4.98% for vessels with sinking time below 10 years and 5.58% for vessels with sinking time above 10 years. The RBI implementation strategy is an effective way to identify additional costs, unexpected costs, and risks involved in the work of shinking ship. Therefore, the cost planning of floating ship work can be done in a more accurate way.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSPe 387.550 92 Fir a
Uncontrolled Keywords: Risk Based Inspection (RBI); Pengapungan Kapal Tenggelam; Biaya Mitigasi; Risk Based Inspection (RBI); Refloating of Sinking Ship; Mitigation Cost
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Muhammad Wildan Firdaus
Date Deposited: 19 Apr 2018 02:17
Last Modified: 11 Sep 2020 07:01
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/50930

Actions (login required)

View Item View Item