Baskoro, Aryo (2018) Analisa Teknis Dan Ekonomis Pembangunan Kapal Ikan Ukuran 10GT-20GT Konstruksi Fiberglass Reinforced Plastic (FRP) Sesuai Standar Biro Klasifikasi Indonesia. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
4113100043-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version Download (5MB) | Preview |
Abstract
Kapal ikan ukuran 10GT-20GT konstruksi fibreglass reinforced plastics yang dibangun untuk menunjang sektor perikanan sebagian besar memiliki sifat mekanik yang rendah pada konstruksi lambung sehingga sering mengalami kerusakan sebelum batas umur konstruksi yang direncanakan. Hal ini disebabkan karena kapal-kapal tersebut dibangun tanpa menerapkan standar susunan laminasi dan fraksi campuran resin dengan serat fibreglass yang benar untuk metode hand lay up agar mampu memenuhi sifat mekanik yang disyaratkan oleh klasifikasi (BKI). Belum adanya standar susunan laminasi dan fraksi resin FRP yang benar menyebabkan standar harga produksi untuk kapal ikan FRP juga belum diketahui. Untuk mengetahui standar komposisi campuran FRP yang benar maka dalam penelitian ini dilakukan pengujian spesimen material FRP meliputi pengujian tarik dan pengujian lentur pada beberapa variasi laminasi. Penentuan variasi laminasi ini berdasarkan pada data dokumen teknis dan observasi di kapangan. Hasil dari pengujian beberapa variasi material FRP dianalisa secara teknis untuk memperoleh susunan laminasi dan fraksi resin material FRP yang benar sehingga memenuhi kriteria sifat mekanik yang disyaratkan oleh BKI. Variasi-variasi laminasi ini kemudian digunakan sebagai dasar perhitungan biaya material sehingga diperoleh korelasi sifat mekanik dengan harga pokok produksi kapal ikan konstruksi FRP. Dari pengujian material diketahui bahwa laminasi yang memenuhi sifat mekanik BKI membutuhkan jumlah serat menerus lebih dari sepertiga jumlah total lapisan dengan berat serat menerus 50% dari berat total serat. Pada sampel kapal ikan mini purse seine konstruksi FRP ukuran 10GT, apabila menggunakan variasi yang memenuhi BKI maka biaya produksi kasko adalah sebesar Rp 323.370.000,00. Kapal ikan konstruksi FRP ukuran 20GT jika dibangun dengan standar yang sama maka biaya pekerjaan kasko adalah Rp 472.342.175,00.
============== The fibreglass reinforced plastic fishing vessels ranging from 10GT-20GT built for supporting fisheries commonly have low mechanical properties in their construction, resulting hull breakdown before the estimated lifetime. The root of this problem is because the vessels produced without implementing standard laminating schedule and exact resin fraction for hand lay up method in order that the FRP laminates meet the mechanical properties criteria required by classification (BKI). The absence of standard FRP laminates composition causing the standard price for FRP fishing vessels production are still unknown. In order to find the standard FRP laminates then in this research several material testing like tensile test and flexural test have been done to some variations of laminates. The laminate variations considered from the technical document and field observation. The test results of these FRP laminates variations analyzed technically to obatain the certain laminating schedule and FRP laminates composition which meets the mechanical properties required by BKI. All these FRP laminates variations then used as the basis for calculating material cost so the correlation between mechanical properties and FRP fishing vessel production cost will be known. From the material test it is known that the laminate which meets BKI’s requirement has one-third of total plies consist of continuous fibres (woven roving) with its weight 50% of laminate’s total glass weight. The 10GT mini purse seine FRP fishing vessel built based on BKI standard priced at Rp 323.370.000,00, while the 20GT ones worth Rp 472.342.175,00 for its hull production cost.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | RSPe 623.845 8 Bas a |
Uncontrolled Keywords: | Fibreglass Reinforced Plastic (FRP); kapal ikan; metode hand lay up; fishing vessel; hand lay up method |
Subjects: | V Naval Science > V Naval Science (General) V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering |
Divisions: | Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Aryo Baskoro |
Date Deposited: | 23 Apr 2018 04:47 |
Last Modified: | 04 Sep 2020 07:30 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/50972 |
Actions (login required)
View Item |