Perancangan Active Fault Tolerant Control pada Anti-Lock Braking System di Mobil LIstrik Dengan Kesalahan Pada Sensor

Aulya, Maya Ayu (2018) Perancangan Active Fault Tolerant Control pada Anti-Lock Braking System di Mobil LIstrik Dengan Kesalahan Pada Sensor. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
02311340000054-Undergraduate_Thesis.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Anti-Lock Braking System merupakan sistem safety untuk mencegah terjadinya roda terkunci. ABS terdiri dari beberapa komponen salah satunya adalah sensor. Kesalahan pada sensor dapat menyebabkan kecelakaan dan performansi sistem menurun. Pada tugas akhir ini dilakukan perancangan Active Fault Tolerant Control dengan menggunakan metode virtual sensor untuk mengakomodasi kesalahan pada sensor. Langkah pertama yang dilakukan adalah merancang sistem kontrol Auto Tuning PID. Parameter , , dan yang didapatkan pada Auto Tuning berturut-turut adalah 6, 5 dan 0,1. Langkah selanjutnya adalah merancang observer yang berfungsi mendapatkan nilai (T_b ) ̂ agar diperoleh nilai w ̂. Selanjutnya AFTC bekerja dengan menggunakan hasil perhitungan residual (f_s ) ̂ sebagai nilai kompensasi terhadap sinyal pengukuran. Dari hasil uji respon setelah diberi kesalahaan berupa bias dan sensitivitas, menunjukkan bahwa sistem dilengkapi AFTC mampu menjaga kestabilan sistem. Sistem AFTC mampu mengatasi kesalahan bias 10% dan kesalahan sensitivitas 90% ========== Anti - Lock Braking System is a safety system for preventing locked wheel during stopping a vehicle. ABS consists of some components such as sensors. Faults on sensor may causes the traffic accident and also reduces the system performance. In this final proj ect, the author talks about desiging of Active Fault Tolerant Control with virtual sensor method in order to accomodate sensor failure. The first step is design Auto tuning PID control system. Value of p arameter from 11 k , 12 k , and 13 k are 6,5, and 0,1. Then the observer is designed to get the value of 푇 푏 ̂ in order to get 푤 ̂ value . Next, AFTC will work with the result of 푓 푠 ̂ residual as compensasion value of measuremen t signal. From t he result, system with AFTC will show the respon se that the system at overcome the bias fault and the sensitivity fault can keep the stability of system. AFTC system can tolerant and accommodate 10% of bias fault and 90% of sensitivity fault.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Active Fault Tolerant Control; Anti-Lok Braking System; Sensor
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76.9.F38 Fault-tolerant computing
T Technology > T Technology (General)
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL521.3 Automatic Control
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Physics Engineering > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: Maya Ayu Aulya Sari
Date Deposited: 30 Apr 2018 03:58
Last Modified: 30 Apr 2018 03:58
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/50983

Actions (login required)

View Item View Item