Rachman, Aditya (2018) Perancangan Aplikasi Perhitungan dan Optimisasi Konstruksi Profil pada Midship Kapal Berdasar Rule Biro Klasifikasi Indonesia. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
4113100018-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version Download (4MB) | Preview |
Abstract
Perhitungan konstruksi kapal pada umumnya akan menghasilkan modulus penampang midship yang nilainya jauh diatas batas minimum. Kelebihan nilai ini berdasarkan peraturan bukanlah suatu masalah. Namun dari segi ekonomi akan dibutuhkan biaya lebih yang sebenarnya dapat dihemat. Salah satu cara untuk mengurangi perbandingan modulus penampang midship dengan batas minimum yaitu dengan melakukan optimisasi ukuran profil-profil. Perhitungan dan optimisasi konstruksi profil akan terbantu dengan menerapkan teknologi dalam prosesnya, seperti memanfaatkan aplikasi Solver dan pemrograman Visual Basic for Applications (VBA) dalam Excel. Dengan menggunakan pemrograman VBA pada Excel untuk otomatisasi perhitungan dan optimisasi, dapat diciptakan aplikasi untuk perhitungan konstruksi profil pada midship. Optimisasi menggunakan Solver dengan metode GRG Nonlinear menghasilkan perubahan nilai modulus penampang midship terhadap geladak dari 20.71% menjadi 19.55% terhadap batas minimal Biro Klasifikasi Indonesia (BKI). Untuk modulus penampang midship terhadap alas dari 51.92% menjadi 51.43% terhadap batas minimal BKI.
============== In calculation of ship’s construction usually the result of midship section modulus is far above it’s minimum value. According to rules this big difference is okay, but economically the actual expense could be lowered. One of options to lower the difference between midship section modulus with it’s minimum value by optimize the profiles dimension. The calculation and optimization process could be quicken by applying some technology, such as utilize Solver add-in and Visual Basic for Applications (VBA) programming in Excel. With applying VBA programming for automation profile calculation and optimization in Excel, the application could be created. Optimization using Solver with GRG Nonlinear method could lower the deck midship section modulus against Biro Klasifikasi Indonesia (BKI) minimum value from 20.71% to 19.55%. For the bottom midship section modulus against BKI minimum value from initial value 51.92% down to 51.43% after optimization.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | RSPe 623.81 Rac p |
Uncontrolled Keywords: | GRG nonlinear; konstruksi midship; modulus penampang; optimisasi; Visual Basic for Applications; GRG nonlinear; midship construction; optimization; section modulus; Visual Basic for Applications |
Subjects: | V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering |
Divisions: | Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Aditya Rachman |
Date Deposited: | 23 Apr 2018 05:04 |
Last Modified: | 10 Aug 2020 08:23 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/50990 |
Actions (login required)
View Item |