HIDROEKSTRAKSI DAUN KETAPANG (Terminalia cattapa L.) SEBAGAI PENGENDALI PENYAKIT ICE-ICE PADA BUDIDAYA Kappaphycus alvarezii

SUTRAENI, NI WAYAN and NUGROHO, ENDRY and ISDIANTONI, ISDIANTONI (2016) HIDROEKSTRAKSI DAUN KETAPANG (Terminalia cattapa L.) SEBAGAI PENGENDALI PENYAKIT ICE-ICE PADA BUDIDAYA Kappaphycus alvarezii. skripsi thesis, iNSTITUT TEKNOLOGI SEPULUH NOPEMBER.

[img]
Preview
Text
undergraduate_theses s1.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1512100007-abstrac.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1512100007-conclusion.pdf - Published Version

Download (366kB) | Preview

Abstract

Ice-ice merupakan penyakit yang menyerang rumput laut Kappaphycus alvarezii yang menyebabkan perubahan warna thallus menjadi putih, menurunkan kualitas karaginan serta biomassa rumput laut. Daun ketapang diketahui memiliki sifat antimikroba. Ekstraksi daun ketapang dilakukan dengan metode rebus dan kukus. Aktivitas mikroba ice-ice diuji dengan metode difusi cakram dilanjutkan dengan pencarian konsentrasi minimum ekstrak dalam menghambat dan membunuh mikroba, ekstrak dengan konsentrasi terbaik akan dilanjutkan dengan uji klinis di Desa Palasa Pulau Poteran, Kabupaten Sumenep Tujuan dari penelitian ini adalah membandingkan tingkat antimikroba yang dihasilkan dari ekstrak daun ketapang dengan teknik perebusan dan kukusan sehingga diperoleh hasil ekstrak yang efektif dan ekonomis untuk menanggulangi penyakit ice-ice. Hasil penelitian aktivitas antibakteri esktrak daun ketapang yang paling efektif terhadap Vibrio alginolyticus adalah ekstrak daun ketapang yang direbus, dengan suhu 40°C dibuktikan dengan dihasilkan diameter zona hambat terbesar yaitu 17.27 mm dan tergolong dalam kategori kuat. Esktrak daun ketapang metode rebus pada suhu 40°C memiliki nilai konsentrasi hambat minimum sebesar 60% bersifat bakteriostatik yaitu menghambat pertumbuhan bakteri V. alginolyticus. Hasil uji klinis menunjukkan ekstrak daun ketapang metode rebus suhu 40oC dapat menyembuhkan penyakit ice-ice, ditandai luas bercak putih yang berkurang bahkan hilang pada hari ketiga setelah perendaman dengan esktrak daun ketapang.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Ekstrak daun Ketapang, Kappaphycus alvarezii, penyakit ice-ice
Subjects: Q Science > QK Botany
Q Science > QR Microbiology
Q Science > QR Microbiology > QR355 Virology
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Biological Sciences
Depositing User: Ni Wayan Sutraeni Rahayu
Date Deposited: 27 May 2016 19:29
Last Modified: 27 Dec 2018 07:25
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/51

Actions (login required)

View Item View Item