Designing Display for an Electric Vehicle

Yulia, Ninda Lastri (2018) Designing Display for an Electric Vehicle. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
02411340000162_Undergraduate-Thesis.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Visualisasi dinamis harus memiliki interface. Penggunaan interface pada visualisasi dinamis dapat menimbulkan beban kognitif ekstra yang dapat mengalihkan perhatian seseorang dalam memahami dan mempelajari visualisasi dinamis. Oleh karena itu, perancangan visualisasi dinamis yang efektif harus dikaji melalui penelitian mengenai desain interface. Salah satu teknologi yang menerapkan visualisasi dinamis adalah kendaraan listrik. Visualisasi dinamis ini diimplementasikan pada Battery Management System (BMS) yang terintegrasi pada panel dashboard kendaraan listrik. BMS menjaga performa baterai di dalam Safe Operating Area (SOA). Baterai yang tidak beroperasi di dalam SOA akan menyebabkan kerusakan fisik hingga memicu ledakan. Padahal, baterai menjadi salah satu komponen yang berperan penting bagi kendaraan listrik. Tugas akhir ini membahas tentang konsep user interface dan user experience untuk merancang visualisasi dinamis tampilan BMS yang terpasang pada panel dashboard. Studi literatur mengenai tampilan BMS pada berbagai merek kendaraan listrik dilakukan guna mengetahui preferensi tampilan BMS saat ini. Kemudian, kuesioner pair-comparison dibuat untuk mengetahui preferensi responden terhadap alternatif tampilan visualisasi dinamis parameter fungsi yang terdapat dalam BMS. Expert’s judgement juga diterapkan untuk memberikan penilaian terhadap hasil skor preferensi pair-comparison responden. Hasil kuesioner pair-comparison alternatif tampilan kapasitas baterai (state of charge) terbukti konsisten, dibuktikan dengan nilai konsistensi oleh Amman dan Greenberg. Sementara pada kuesioner pair-comparison alternatif tampilan tegangan baterai, terdapat data 1 (satu) responden yang dikeluarkan dari penelitian karena konsistensi yang rendah. Hasil penelitian menunjukkan skor preferensi tertinggi responden jatuh pada digital dengan pembacaan cek (check reading) untuk visualisasi dinamis kapasitas baterai, dan analog-setengah lingkaran dengan check reading untuk visualisasi dinamis tegangan baterai. Di sisi lain, Expert’s Judgment menyatakan bahwa tampilan analog-setengah lingkaran dengan check reading untuk kapasitas baterai dan tampilan digital dengan check reading untuk tegangan baterai merupakan tampilan yang diutamakan untuk mendesain visualisasi dinamis kedua fungsi tersebut. Faktor desain yang paling berpengaruh untuk tampilan dinamis BMS adalah ketersediaan check reading (dalam bentuk warna) dan gaya desain. ============= Dynamic visualization must have an interface. An interface with dynamic visualization can resulted in extraneous cognitive load that can take the viewer’s attention away from the task of understanding and learning from the dynamic visualization. The design of effective dynamic visualizations must be explained by the research on interface design. One of technologies that implement dynamic visualization is electric vehicle (EV). The dynamic visualization is implemented on the integrated battery management system (BMS) interface. BMS keeps the battery performance within safe operating area (SOA). When it is not operated inside the SOA, it may lead to physical damage due to overheating, or even an explosion. The battery plays important role as the ‘life’ of an electric vehicle. This final project discussed about the concept of user interface and user experience to design a dynamic display for BMS display installed in dashboard panel. A literature study of BMS display on various existing brands of EV was conducted to know BMS display preference. Expert’s judgement was also applied to give judgement towards respondent’s preference score result. Research resulted that the pair-comparison questionnaire of dynamic display alternatives for battery state of charge were consistent, proven by the consistency level by Amman and Greenberg, while the pair-comparison questionnaire of dynamic display alternatives for battery voltage screened-out data from 1 (one) respondent due to low consistency. The experiment showed respondent’s highest preference scores of dynamic visualizations for battery state of charge is digital with check reading and analog-semicircular with check reading for dynamic visualization of battery voltage. Expert's judgment stated that analogue semi-circular with check reading is the most preferred display for battery state of charge and digital display with check reading for battery voltage. The most influential design factors for BMS dynamic display are the check reading availability (in form of color) and design style.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: dynamic visualization; battery management system; pair comparison; safe operating area; interface; visualisasi dinamis
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76.9.I52 Information visualization
T Technology > T Technology (General) > T55 Industrial Safety
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Industrial Engineering > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: Yulia Ninda Lastri
Date Deposited: 30 Apr 2018 02:35
Last Modified: 30 Apr 2018 02:35
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/51019

Actions (login required)

View Item View Item