Pemodelan Hibrida Singular Spectrum Analysis-Arima Pada Peramalan Langsung Dan Tidak Langsung Nilai Tukar Petani Di Jawa Timur

Irmawati, Dyah Reni (2018) Pemodelan Hibrida Singular Spectrum Analysis-Arima Pada Peramalan Langsung Dan Tidak Langsung Nilai Tukar Petani Di Jawa Timur. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
1316201708-Master_Theses.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Sektor pertanian memiliki kontribusi yang cukup besar bagi perekonomian Jawa Timur. Hal ini memerlukan perencanaan yang baik agar proses pembangunan dapat berjalan sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Nilai Tukar Petani (NTP) adalah salah satu indikator yang dapat digunakan untuk melihat keberhasilan pembangunan di sektor pertanian. NTP tersusun atas beberapa series data dengan karakteristik beragam dan lebih dari satu komponen musiman sehingga dapat dikatakan berstruktur kompleks. Singular Spectrum Analysis (SSA) adalah metode analisis data deret waktu yang menerapkan prinsip dekomposisi. Pada berbagai penelitian sebelumnya, SSA dapat memberikan hasil peramalan yang lebih baik dibanding metode lainnya bila digunakan pada data dengan struktur yang kompleks seperti data dengan lebih dari satu komponen musiman. Penelitian ini membandingkan metode hibrida SSA-ARIMA dan ARIMA pada peramalan NTP secara langsung dan tidak langsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peramalan langsung NTP menggunakan metode SSA-ARIMA memberikan hasil yang lebih baik dibanding ARIMA. Hasil sebaliknnya didapatkan pada peramalan tidak langsung NTP. Hal ini menunjukkan bahwa SSA-ARIMA memberikan hasil yang lebih baik dibanding ARIMA jika diterapkan pada data yang bersifat kompleks. Hasil simulasi menunjukkan performa SSA-ARIMA yang lebih baik dalam peramalan pada perbandingannya terhadap ARIMA jika diterapkan pada data dengan struktur yang lebih kompleks. Secara keseluruhan, peramalan NTP secara langsung dengan menggunakan metode SSA-ARIMA memberikan hasil peramalan terbaik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: NTP, SSA, ARIMA, SSA-ARIMA.
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics > HA30.3 Time-series analysis
Divisions: Faculty of Mathematics and Science > Statistics > (S2) Master Theses
Depositing User: Irmawati Dyah Reni
Date Deposited: 02 May 2018 03:28
Last Modified: 03 May 2018 09:14
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/51171

Actions (login required)

View Item View Item