Dampak Beban Berlebih (Overloaded) Pada Kendaraan Berat Terhadap Persamaan Equivalent Axle Load (Eal) Pada Perencanaan Perkerasan Jalan Berdasarkan Teori Deformasi Permanen (Permanent Deformation)

Prastyanto, Catur Arif (2018) Dampak Beban Berlebih (Overloaded) Pada Kendaraan Berat Terhadap Persamaan Equivalent Axle Load (Eal) Pada Perencanaan Perkerasan Jalan Berdasarkan Teori Deformasi Permanen (Permanent Deformation). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

[img] Text
3112301005-Disertation.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Pada perancangan perkerasan jalan raya, nilai Equivalent Axle Load (EAL) adalah salah satu faktor penting untuk menghitung tebal struktur perkerasan jalan. Persamaan EAL yang selama ini digunakan didasarkan pada teori fatique cracking. Tipikal kerusakan pada teori tersebut pada umumnya terjadinya retak-retak pada lapisan permukaan aspal (surface). Di Indonesia, pada jalan-jalan yang dilalui kendaran berat banyak dijumpai adanya kerusakan yang cukup parah, yaitu terjadi penurunan (deformasi) secara permanen. Kondisi seperti ini tentu sangat berbeda dengan tipikal kerusakan perkerasan yang didasarkan pada pendekatan teori fatique cracking. Kondisi tersebut membuktikan bahwa penggunaan persamaan EAL yang didasarkan pada pendekatan teori fatique cracking kurang sesuai untuk kondisi di Indonesia. Dengan demikian, dibutuhkan suatu persamaan EAL baru yang didasarkan pada pendekatan teori deformasi permanen (permanent deformation). Terdapat tiga ruas jalan yang akan dikaji yaitu ruas jalan Khusus, Arteri dan Kolektor. Ketiga ruas jalan tersebut sering dilalui oleh kendaraan (truk) berat. Pengujian lendutan perkerasan jalan dilakukan pada ketiga ruas jalan tersebut dengan berbagai variasi pembebanan, yaitu beban dibawah standar, beban standar, beban overloaded dan beban diatas overloaded. Pelaksanaan pengujian dilakukan pada saat musim penghujan dengan alat FWD, BB dan LVDT. Data-data tersebut selanjutnya dianalisis untuk mendapatkan bentuk persamaan EAL yang didasarkan pada pendekatan teori deformasi permanen. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier dan non-linier. Beberapa skenario juga diterapkan dalam proses analisis untuk mendapatkan bentuk persamaan EAL baru. ======================================================================================================== In highway pavement design, Equivalent Axle Load (EAL) value is one of the important factors to calculate the thickness of pavement structure. The EAL equation that has been used is based on the theory of fatique cracking. Typical road pavement deterioration to the theory is generally the presence of cracks that occur on the surface layer of asphalt (surface). In Indonesia, most of the roads through heavy vehicles are found to be quite severe pavement damage, such as the permanent deformation of pavement structures. The condition is certainly very different from the typical pavement damage based on the theory of fatique cracking. This condition proves that the use of EAL equation based on fatique cracking theory is not suitable for the condition in Indonesia. Thus, a new EAL equation based on the theory of permanent deformation is required. There are three roads to be studied namely access road, arterial road and collector road. The three roads are often traversed by heavy (truck) vehicles. Road pavement deflection testing was carried out on the three sections of the road with various loading variations: under standard load, standard load, over standard load and super-over standard load. Implementation of the test conducted during the rainy season by using FWD, BB and LVDT test equipment. The data of the test results are further analyzed to obtain the EAL equation form based on the theory of permanent deformation. The analysis method used is linear and non-linear regression analysis. Several scenarios are also applied in the analysis process to obtain new EAL equations.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Equivalent Axle Load (EAL), beban berlebih (overloaded), deformasi permanen (permanent deformation).
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > (S3) PhD Theses
Depositing User: PRASTYANTO CATUR ARIF
Date Deposited: 03 May 2018 02:08
Last Modified: 03 May 2018 02:08
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/51209

Actions (login required)

View Item View Item